PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN KAWASAN HUTAN MANGROVE SEBAGAI OBJEK DAYA TARIK WISATA (STUDI KASUS DI DESA CENDI MANIK KECAMATAN SEKOTONG SEKOTONG TENGAH KABUPATEN LOMBOK BARAT)

Inggi, Putri (2019) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN KAWASAN HUTAN MANGROVE SEBAGAI OBJEK DAYA TARIK WISATA (STUDI KASUS DI DESA CENDI MANIK KECAMATAN SEKOTONG SEKOTONG TENGAH KABUPATEN LOMBOK BARAT). undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kawasan hutan mangrove merupakan salah satu kawasan pantai yang memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri karena keberadaan ekosistem ini berada pada tempat-tempat terjadinya pelumpuran dan akumulasi bahan organic, baik di teluk-teluk yang terlindungi dari gepuaran ombak, maupun disekitar muara sungai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Mendeskripsikan Bentuk partisipasi masyarakat dalam pelestarian Kawasan Hutan Mangrove (2). Mendeskripsikan Bentuk dukungan pemerintah dalam pelestarian kawasan hutan mangrove sebagai objek daya tarik wisata (3).Mendeskripsikan Faktor yang menghambat dalam pelestarian hutan mangrove sebagai objek daya tarik wisata Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan model interaktif model analisis yaitu reduksi merangkum/meringkas data, display yaitu menyajikan data yang telah dirangkum yang berupa tabel dan deskripsi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa : (1) Partisipasi masyarakat dalam pelestarian hutan mangrove diantaranya: a) Mengembangkan sarana dan prasarana wisata. b) Evaluasi pengembangan wisata dilakukan secara intensif oleh pengelola polkwalawisma. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa sejauh kawasan akan dibuka pengelola dan masyarakat sudah menunjukan kerjasama yang baik. (2) Bentuk dukungan pemerintah dalam pelestarian kawasan hutan mangrove diantaranya : a) Bimbingan monitoring b) Menyediakan bibit mangrove untuk rehabilitasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa,keberadaan kawasan wisata ini didukung penuh oleh pihak pemerintah baik dari pemerintah desa maupun pemerintah daerah seperti memberikan bimbinganatau monitoring dan ketersediaan bibit mangrove. (3) Faktor yang menhambat dalam pelestarian hutan mangrove diantaranya: a) Penyedian akses internet untuk media promosi wisata. b) Komunikasi dan koordinasi yang kurang intensif antara pengelola dengan pemerintah daerah. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pada kawasan wisata bisa lebih ditingkatkan agar bisa mencapai hasil yang optimal. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Pelestarian, Hutan Mangrove, Objek Wisata

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHarry Irawan, JauhariUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDAlfian Pujian, HadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 628 Teknik Perlindungan Lingkungan, Teknik Lingkungan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 09 Dec 2019 01:54
Last Modified: 09 Dec 2019 01:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item