RIEKE, ANJANI FITALOKA (2021) KAJIAN KINERJA SIMPANG DAKOTA REMBIGA AKIBAT PENAMBAHAN ARUS DAN PENERAPAN SISTEM SATU ARAH (Studi Kasus: Simpang Tiga Jalan Dakota - Jalan Adi Sucipto Kelurahan Rembiga Kota Mataram). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER - BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
Similarity Check (Hasil Cek Plagiasi).pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Simpang merupakan pertemuan antara beberapa jalan menjadi satu. Pada simpang sering terjadi konflik kendaraan bermotor, khususnya pada simpang tak bersinyal. Kecenderungan pengguna kendaraan bermotor saat ini selalu ingin cepat dan ingin menang sendiri oleh karena itu sering mengakibatkan konflik di persimpangan. Simpang tiga Dakota Rembiga merupakan simpang tak bersinyal. Tingginya volume kendaraan serta kurangnya tingkat kesadaran masyarakat akan tata cara berkendara mengakibatkan besarnya peluang kemacetan yang terjadi pada simpang tersebut. Sehubungan dengan hal itu maka perlunya dilakukan penelitian khususnya pada simpang tiga tak bersinyal Dakota Rembiga Kota Mataram guna mengetahui kinerja dari simpang tersebut. Dengan tujuan agar nantinya simpang pada ruas jalan dapat melayani arus lalu lintas secara optimal tanpa adanya konflik lalu lintas baik berupa kemacetan maupun kecelakaan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang Dakota Rembiga akibat penambahan arus dan penerapan sistem satu arah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah formulir survey, alat tulis, counter, stopwatch, dan roll meter. Analisis terhadap simpang tiga Dakota Rembiga tak bersinyal ini dilakukan dengan menggunakan metode MKJI 1997. Yang mana setelah dilakukan penelitian agar dapat mengetahui kinerja dari simpang tersebut. Dari hasil penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan pada simpang tiga Dakota Rembiga pada kondisi eksisting diperoleh nilai kapasitas (C) 2536,44 smp/jam dan derajat kejenuhan (DS) 0,877. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan sebelum dilakukan rekayasa lalu lintas memiliki tingkat pelayanan di bawah rata-rata yang kurang stabil sehingga tidak memenuhi syarat dari pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Setelah dilakukan rekayasa lalu lintas berupa penambahan arus dan penerapan sistem satu arah diperoleh nilai kapasitas (C) 3533,48 smp/jam dan nilai derajat kejenuhan (DS) 0,634. Maka dari nilai yang didapat setelah dilakukan rekayasa lalu lintas tersebut telah memenuhi syarat dari pedoman MKJI.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Simpang Tiga Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | RIEKE ANJANI FITALOKA | |||||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2021 03:49 | |||||||||
Last Modified: | 28 Sep 2021 03:49 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3753 |
Actions (login required)
View Item |