PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PECAHAN PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

TITIEK, BERLIAN (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PECAHAN PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
similaity check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media pembelajaran merupakan suatu sarana yang mempunyai fungsi untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan (1).Bagaimana pengembangan media pembelajaran puzzle pecahan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. (2) Bagaimana hasil kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran puzzle pecahan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah model Borg and Gall (penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama, penyempurnaan hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan operasional/Empiris, penyempurnaan produk akhir, diseminasi dan implementasi). Pengembangan media pembelajaran telah menghasilkan produk media pembelajaran yang telah dinyatakan sangat valid oleh ahli desain media, ahli materi dan praktisi pembelajaran. Hasil dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan presentase yang didapat dari ahli media dengan presentase 93,75% atau dapat dikategorikan sangat valid sedangkan ahli materi dalam perolehan nilai presentasenya adalah 92,6875% atau dapat dikategorikan sangat valid. Sedangkan berdasarkan uji kepraktisan yang diperoleh dari hasil respon siswa SD Negeri Sondo mendapatkan nilai presentase 96,07% dengan kriteria skor sangat praktis. Hasil tes pada uji lapangan mendapatkan rata-rata nilai pre-test sebesar 35,71% dan post-test sebesar 87,85%, dan hasil lembar keterlaksanaan pembelajaran memperoleh skor 92,5% sehingga dikategorikan efektif. Hasil selisih pre-test dan post-test berdasarkan perhitungan rumus gain standar diperoleh nilai sebesar 0,83 yang didapat pada uji coba lapangan sehingga peningkatan hasil belajar siswa berada pada posisi tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorSARI, NURSINAnidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle, Pecahan Sedehana, Hasil Belajar.
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: TITIEK BERLIAN
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:35
Last Modified: 28 Sep 2021 07:13
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3724

Actions (login required)

View Item View Item