IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DALAM MEMBENTUK AKHLAK ISLAMI SISWA DI MI AL-MARIFATUL ISLAMIYAH DASAN AGUNG KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

Sukarni, Sukarni (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DALAM MEMBENTUK AKHLAK ISLAMI SISWA DI MI AL-MARIFATUL ISLAMIYAH DASAN AGUNG KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BABA V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam membentuk akhlak yang Islami di MI Al-Marifatul Islamiyah Dasan Agung Kota Mataram. Yang meliputi; (1) mendeskripsikan pelaksanaan implementasi pendidikan karakter dalam program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dalam membentuk akhlak Islami siswa, (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung serta menghambat pelaksanaan pendidikan karakter melalui program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dalam membentuk akhlak Islami siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif jenis studi kasus, subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas, dan siswa 1, 3, dan 5 MI Al-Marifatul Islamiyah dan teknik pengumpulan data adalah observasi (pengamatan), interviuw (wawancara), dan dokumen. Proses analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trigulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; (1) Kepala madrasah, dan guru kelas memahami hakikat pendidikan karakter. Untuk pelaksanakan pendidikan karakterdi MI Al-Marifatul Islamiyah Dasan Agung Kota Mataram melaksanakan program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam membentuk akhlak Islami siswa. Dasar program 5S adalah visi dan misi madrasah yang telah ada dalam kurikulum madrasah, akan tetapi kurikum yang ada hanya saja belum tertuang secara tertulis dan secara detail, (2) Program 5S dilaksanakan dalam program pengembangan diri yang meliputi, kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian, (3) Nilai karakter yang dikembangkan dalam program 5S adalah nilai toleransi, peduli sosial, dan cintai damai, (4) Faktor pendukung dari program 5S adalah lingkungan, keluarga maupun masyarakat lebih-lebih lingkungan madrasah yang mendukung pelaksanaan program 5S. Materi pembelajaran yang mengandung cara bagaimana cara bersikap dan berbahasa yang baik, (5) Faktor penghambat dari program 5S adalah adanya peserta didik contohnya anak kelas satu yang belum mengerti bahasa Indonesia karna faktor lingkungan rumahnya yang berkomunikasi bahasa Sasak (bahasa daerah) terkadang berperilaku yang susah diatur, peserta didik yang tidak tertib ataupun tidak disiplin, (6) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi faktor pengahambat dari program 5S adalah dengan cara bertahap bagaimana memberikan arahan, pengertian atau mengingatkan peserta didik terutama memberikan teladan tentang program 5S. Kata kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Program 5S, Membentuk Akhlak Islami Siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Repository UMMAT
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 607 Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:19
Last Modified: 30 Nov 2019 02:06
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item