EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN SISWA KELAS II SDN WORA KABUPATEN BIMA

SATRIAWAN, SATRIAWAN (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN SISWA KELAS II SDN WORA KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
Cover-BAB III (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V.- Lampirandocx.pdf

Download (4MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
50%EFEKTIVITAS__PENERAPAN_MEDIA_BUKU_CERITA_BERGAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur efektivitas penerapan media buku cerita bergambar terhadap kemampuan memahami bacaan siswa kelas II SDN Wora Kab. Bima . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, jenis dan pendekatan penelitian ini adalah Pre-experimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design model ini merupakan sebuah eksperimen yang dilaksanakan dengan diawali pemberian tes awal (pretest) sebelum diberi perlakuan dan tes akhir (posttest) setelah diberi perlakuan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Wora kab. Bima. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes, uji instrument menggunakan uji validitas dan reabilitas sedangkan pengujian hipotesis penelitian mengunakan Uji t. Setelah di uji melalui SPSS 16.0 for Windows diperoleh nilai R atau rhitung sebesar 0,875, rhitung > rtabel, yaitu 0,875 > 0,396. thitung sebesar 8,669, thitung> ttabel, yaitu 8,669 > 2,492. Fhitung sebesar 45,238, Fhitung> Ftabel, yaitu 75,143 > 4,26. Hal tersebut mengandung arti bahwa terdapat hubungan antara buku cerita bergambar dan kemampuan memahami bacaan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eskperimen kemampuan memahami bacaan yang diperoleh sebesar 63 dan posttest kemampuan memahami bacaan sebesar 78,3. Lebih lanjut, diperoleh pula nilai correlations yang digunakan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara nilai pretest dan posttest kemampuan memahami bacaan. Berdasarkan nilai correlations di atas, diperoleh nilai sebesar 0,853.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorBQ DESI, MILANDARInidn0808128901
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Buku Cerita, Kemampuan Memahami Bacaan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Satriawan Satriawan
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:45
Last Modified: 28 Sep 2021 06:45
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3670

Actions (login required)

View Item View Item