PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN DAYA KRITIS SISWA PADA PELAJARAN PPKn DI SMP MUHAMMADIYAH WONTONG, KECAMATAN LEMBOR, KABUPATEN MANGGARAI BARAT

DARMAWATI, SUMARNI (2021) PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN DAYA KRITIS SISWA PADA PELAJARAN PPKn DI SMP MUHAMMADIYAH WONTONG, KECAMATAN LEMBOR, KABUPATEN MANGGARAI BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
cover- Bab III (1).pdf

Download (832kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V.pdf

Download (675kB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
50% PENGGUNAAN_METODE_QUANTUM_TEACHING_UNTUK_MENINGKAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan ialah sesuatu proses yang dilaksanaka secara sadar pada tiap orang ataupun kelompok untuk merubah sikap dari tidak tahu jadi tahu sejauh hidupnya. Proses pendidikan merupakan sesuatu aktivitas yang di dalamnya terjalin proses siswa belajar serta guru mengajar dalam konteks interaktif serta terjalin interaksi edukatif antara guru serta siswa, sehingga ada perubahan dalam diri siswa baik perubahan pada tingkatan pengetahuan, wawasan serta ketrampilan ataupun perilaku. Guru PPKn SMP Muhammadiyah Wontong menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan para siswa menjadi bosan, jenuh dan para siswa hanya memperoleh pengetahuan pengetahuan dari apa yang dijelaskan guru dan tertulis dalam buku paket saja. Tujuan penelitian ialah mendeskripsikan penerapan Metode Quantum Teaching dalam meningkatkan pengetahuan dan daya kritis siswa pada pelajaran PPKn siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Wontong, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode Kualitatif deskriptif. Pengumpulan mempergunakan teknik analisis datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui observasi, peneliti melakukan observasi proses pembelajaran Guru PPKn yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan untuk mengetahui daya kritis siswa peneliti juga melaksanakan observasi terhadap keterampilan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian wawancara, untuk mengetahui peningkatan daya kritis siswa peneliti melakukan wawancara secara langsung dengan Guru PPKn dan wawancara dengan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Wontong. Dan hasil penelitian dokumentasi, Guru meberikan latihan soal Pre Test dan Post Test terhadap siswa untuk mengetahui seberapa besar siswa dalam memahami materi yang telah dipelajari sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode Quantum teaching dapat meningkatkan daya kritis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Wontong dengan pencapaiaan 56,25% pada tindakan pertama, namun pada nilai pertemuan pertama ini belum memenuhi indikator kinerja, untuk itu dilanjutkan pada pertemuan kedua dan hasil yang diperoleh sebesar 71,25% hal yang ditunjukan pada pertemuan kedua ini sudah mencapai indikator kinerja, dan memperoleh kategori tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWAYAN, RESMINInidn195710101984032002
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Daya kritis, Metode Quantum Teaching.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 321 Sistem Pemerintahan & Negara
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: DARMAWATI SUMARNI
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:18
Last Modified: 28 Sep 2021 03:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3638

Actions (login required)

View Item View Item