PENGARUH MODEL COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA TEMA 7 SUB TEMA 1 SDN 2 SELAT

HESTI, NINGTYAS (2021) PENGARUH MODEL COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA TEMA 7 SUB TEMA 1 SDN 2 SELAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
45% PENGARUH_MODEL_COOPERATIVE_TIPE_GROUP_INVESTIGATIO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Model cooperative tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajarsiswa karena melalui model cooperative tipegroup investigation (GI) ini siswa diberikan beberapa masalah bersifat terbuka yang artinya memberikan tantangan kepada siswa untuk mencari pola penyelesaian masalah, menemukan berbagai solusi dari masalah sehingga siswa leluasa berpikir untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan cara sendiri namun tetap benar. Tujuan penelitian yang hendak dicapai oleh peneliti adalah untuk menganalisis Pengaruh Model Cooperative tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar kognitif pada muatan tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 siswa kelas IV SDN 2 Selat.Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel digunakan adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 15 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 15siswa sebagai kelompok control, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, test dan dokumentasi. Uji coba instrument yang diguunakan adalah uji validitas, dan uji reabilitas, sedangkan analisis data menggunakan uji normaitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen samplet-test. Hasil peneitian ini menunjukan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ t_tabel(4,393≥ 2,048), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan, bahwa ada pengaruh model kooperative tipe group investigation (GI) terhadap kemampuan kognitif pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 siswa kelas IV SDN 2 Selat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
ReviewerNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Group Investigation, Kemampuan Kognitif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Hesti Ningtyas
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:59
Last Modified: 23 Sep 2021 07:59
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3541

Actions (login required)

View Item View Item