PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ORGAN APRON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN INPRES RORA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

FARYANTI, FARYANTI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ORGAN APRON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN INPRES RORA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
SKRIPSI BAB 3 pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV FARYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V FARYANTI.pdf

Download (3MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
45% PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_ORGAN_APRON__UNTUK (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

PPengembangan media pembelajaran merupakan sarana yang mempunyai fungsi untuk membantu memahamkan siswa dalam pembelajaran, khususnya kepada siswa kelas V SDN. Penelitian ini bertunjuan untuk sebagai berikut (1) Untuk mengetahui desain media pembelajaran organ apron dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Inpres Rora pada tema 6 sub tema 2 pembelajaran 2 organ tubuh manusia dan hewan.(2)Untuk mengetahui kevalidan media organ apron dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Inpres Rora pada tema 6 sub tema 2 pembelajaran 2 organ tubuh manusia dan hewan.(3)Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran organ apron dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Inpres Rora pada tema 6 sub tema 2 pembelajaran 2 organ tubuh manusia dan hewan (4)Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran organ apron dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Inpres Rora pada tema 6 sub tema 2 pembelajaran 2 organ tubuh manusia dan hewan .Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah model ADDIE (anlisis, desain, development, implementation, & evaluation). Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk media pembelajaran yang telah dinyatakan valid oleh ahli media, ahli materi dan praktisi pembelajaran.hasil dari kevalidan ,kepraktisan dan keefektifan presentasi yang di dapat dari ahli media dengan presentase 90 % dapat di kategorikan sangat valid. Sedangkan ahli materi dalam perolehan nilai presentase adalah 94% dapat di katergorikan sangat valid sedangkan berdasarkan hasil uji kepraktisan yang di peroleh dari hasil respon siswa SDN Inpres rora mendapatkan nilai presentase 98,75 dengan kriteria skor sangat praktis dan observasi guru mendapatkan nilai presentase 90%sangat praktis.Hasil tes pada uji lapangan mendapatkan rata-rata nilai pre-tes sebesar 47,6 dan nilai post-test sebesar 90,4%. Hasil selisih pre-test dan post test Berdasarkan perhitumg rumus gain standar diperoleh nilai sebesar 0,82 yang didapat pada uji lapangan peningkatan hasil belajar siswa berada pada posisi tinggi (berdasarkan tabel tingkat gain standar).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038701
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran ,Organ Apron ,Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: FARYANTI FARYANTI
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:37
Last Modified: 22 Sep 2021 06:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3537

Actions (login required)

View Item View Item