PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MATERI SKALA KELAS V SEKOLAH DASAR

DWI, PITRIYANI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MATERI SKALA KELAS V SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (874kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Similarity Check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis video animasi, diharapkan dapat membantu guru untuk menyampaikan materi dengan waktu yang lebih singkat dengan tujuan pengembangan mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media media pembelajaran matematika berbasis video animasi yang dikembangkan terhadap motivasi siswa kelas V di SDN 20 Ampenan. Penelitian ini termaksud penelitian pengembangan (Development research) media pembelajaran matematika berbasis video animasi yang dari Borg and Gall dengan instrument pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data untuk ahli validasi media dan materi, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan media. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Media video animasi yang dikembangkan, diperoleh data dari 2 validator ahli media dengan persentase 89,99%. pada kategori sangat valid dan 2 validator ahli materi dengan persentase 85% pada kategori sangat valid, (2) Media video animasi berdasarkan hasil angket respon siswa diperoleh data persentase dari respon siswa uji lapangan di kelas V SDN 20 Ampenan, dengan persentase 87,73%.pada kategori sangat praktis. Sedangkan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh data yaitu 90,21% pada kategori sangat terlaksana (3) Keefektifan media video animasi dilihat dari hasil siswa mengerjakan angket motivasi dan diperoleh data hasil uji lapangan di kelas V SDN 20 Ampenan, dengan persetase rata-rata 80% pada kategori Efektif. Sehingga dengan demikian dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 20 Ampenan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Motivasi Belajar
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dwi Pitriyani
Date Deposited: 05 Oct 2021 01:35
Last Modified: 05 Oct 2021 01:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3502

Actions (login required)

View Item View Item