PENGEMBANGAN MEDIA PATAYA (REPLIKA PETA BUDAYA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA TEMA 7 KELAS IV SEKOLAH DASAR

MEGAWATI, MEGAWATI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PATAYA (REPLIKA PETA BUDAYA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA TEMA 7 KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Similarity Check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media pembelajaran merupakan suatu sarana yang mempunyai fungsi untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran pataya (Replika Peta Budaya) pada tema 7 subtema 1 materi keragaman suku bangsa dan agama dinegeriku dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV MIS Raodhatul Jannah. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran pataya (Replika Peta Budaya) pada tema 7 subtema 1 materi keragaman suku bangsa dan agama dinegeriku dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV MIS Raodhatul Jannah. (3) Untuk mengetahui keefektifan media pataya (Replika Peta Budaya) pada tema 7 subtema 1 materi keragaman suku bangsa dan agama dinegeriku dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV MIS Raodhatul Jannah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah model Borg and Gall (penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama, penyempurnaan hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan operasional/Empiris, penyempurnaan produk akhir, diseminasi dan implementasi). Pengembangan media pembelajaran telah menghasilkan produk media pembelajaran yang telah dinyatakan sangat valid oleh ahli desain media, ahli materi dan praktisi pembelajaran. Hasil dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan presentase yang didapat dari ahli media dengan presentase 90,6% atau dapat dikategorikan sangat valid sedangkan ahli materi dalam perolehan nilai presentasenya adalah 94,3% atau dapat dikategorikan sangat valid. Sedangkan berdasarkan uji kepraktisan yang diperoleh dari hasil respon siswa MIS raodhatul jannah mendapatkan nilai presentase 89,16% dengan kriteria skor sangat praktis dan observasi guru mendapatkan nilai presentase 95% dengan kriteria skor sangat praktis. Hasil tes pada uji lapangan mendapatkan rata-rata nilai pre-test sebesar 50% dan post-test sebesar 90,4%. Hasil selisih pre-test dan post-test berdasarkan perhitungan rumus gain standar diperoleh nilai sebesar 0,79 yang didapat pada uji coba lapangan sehingga peningkatan hasil belajar siswa berada pada posisi tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038701
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media pataya (Replika Peta Budaya), Hasil Belajar Kognitif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: MEGAWATI MEGAWATI
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:01
Last Modified: 21 Sep 2021 03:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item