PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN- ENDED PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

FIRNA, ELIZA (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN- ENDED PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN .pdf

Download (2MB)
[img] Text
Similarity Check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Berbasis Open Ended untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pecahan yang Valid, Praktis Dan Efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dan menggunakan Model Pengembangan 4D Yaitu (1) Define (Pendefisian), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Dessminate (Penyebaran). Pada Penelitian Pengembangan ini tidak sampai pada tahap Dessminate (Penyebaran), karna dilakukan hanya pada satu sekolah saja yaitu SDN 20 Ampenan. Pada Penelitian Pengembangan ini uji terbatas dilaksanakan di kelas VA dan tahap uji lapangan dilaksanakan di kelas VB SDN 20 Ampenan sebagai uji keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk Perangkat Pembelajaran seperti : (1) Silabus, diperoleh skor rata-rata dari 2 validator ahli dan 3 validator praktisi yaitu 93,52% (sangat valid), (2) RPP, diperoleh skor rata-rata dari 2 Validator Ahli dan 3 Validator Praktisi yaitu 71,88% (valid), (3) LKS, diperoleh skor rata-rata dari 2 Validator Ahli dan 3 Validator Praktisi yaitu 86,74(sangat valid), (4) Soal Tes, diperoleh skor rata-rata dari 2 Validator Ahli dan 3 Validator Praktisi yaitu 93,00% (sangat valid). Angket respon siswa uji terbatas yang menunjukkan Kepraktisan Perangkat Pembelajaran seperti : (1) LKS, diperoleh skor rata-rata 75% (praktis), (2) Soal Tes, diperoleh skor rata-rata 80,7% (sangat praktis). Selain itu Kepraktisan Perangkat Pembelajaran dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang diamati dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan diperoleh data yaitu 95,5% pada kategori (sangat terlaksana). Kefektifan Perangkat Pembelajaran dilihat dari kemampuan Hasil Belajar siswa yang diukur menggunakan instrumen soal tes kemampuan hasil belajar yang diberikan kepada siswa uji lapangan yaitu Kelas VA SDN 20 Ampenan, dan diperoleh skor rata-rata 80% (sangat efektif). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN DWI, HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Open Ended, Pecahan.
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Firna Eliza
Date Deposited: 19 Sep 2021 10:27
Last Modified: 19 Sep 2021 10:27
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3402

Actions (login required)

View Item View Item