OPTIMALISASI KINERJA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

LULU, PUJI ISTIANA (2021) OPTIMALISASI KINERJA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (716kB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
OPTIMALISASI_KINERJA_PUSTAKAWAN_DALAM_MENINGKATKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur memiliki SDM pustakawan hanya empat orang, dimana menurut Standar Nasional Perpustakaan satu orang pustakawan melayani 75 ribu orang dalam Perpustakaan Umum Daerah, sedangkan jumlah masyarakat yang ada di Kabupaten Lombok Timur 1.105.582 jiwa. Berarti pustakawan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengoptimalkan kinerja pustakawan dan kendala yang di hadapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian dipilih berdasarkan dengan kriteria harus memiliki pengalaman yang cukup lama dalam bidang perpustakaan dan kepustakawanan sehingga diperoleh informan yaitu pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara pustakawan mengoptimalkan kinerjanya seperti menempuh pendidikan dan pelatihan, banyak membaca referensi, memperoleh fasilitas sarana dan prasarana, melakukan kerjasama, mendapatkan dukungan dan motivasi, dan melaksanakan program kerja dan SKP. Sedangkan dari sisi kendala pustakawan mendapatkan berbagai kendala seperti belum mendapat pembinaan secara maksimal, belum mendapat tunjangan kesejahteraan secara maksimal, mengalami waktu yang tergesa-gesa pada saat kegiatan progran kerja berlangsung dan padamnya listrik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorRIDWAN, RIDWANnidn0808119103
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Kinerja, Kendala Kinerja, Kualitas Layanan
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan & Informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 Perpustakaan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: LULU PUJI ISTIANA
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:32
Last Modified: 17 Sep 2021 01:32
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3345

Actions (login required)

View Item View Item