STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM SEKTOR KULINER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA MATARAM

PARHUNIARTI, PARHUNIARTI (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM SEKTOR KULINER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER - BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
45%STRATEGI_PENGEMBANGAN_UMKM_SEKTOR_KULINER_PADA_MAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian kondisi UMKM Sektor Kuliner pada Masa Pandemi dan strategi pengembangan UMKM Sektor Kuliner Ketika pandemi covid-19 sudah lama muncul di Kota Mataram bertujuan untuk mengetahui kondisi UMKM sektor Kukiner pada masa pandemi covid-19 dan konsep strategi yang cocok di gunakan UMKM Sektor Kuliner pada masa pandemi covid-19 di Kota Mataram. Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan Analisis SWOT (IFE dan EFE). Variabel yang digunakan yaitu Modal, produksi, pemasaran, sarana dan prasarana (produksi), pembinaan dan pelatihan, promosi, sarana dan prasarana (Lokasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa. Sumber pemodal usaha UMKM Sektor Kuliner dapat diperoleh dari modal sendiri, bantuan pemerintah, lembaga keuangan, baik dari bank, dan lembaga keuangan non Bank, jumlah produksi menurun, perluasan pemasaran melalui sosial media sebagai tempat memasarkan produknya melalui online misalnya sosmed seperti: instagram, Facebook, Line, Website, dan lain-lain dan aplikasi berbasis transportasi, media sosial, marketplace, Grabgood dan Gofood, pengadaan sarana dan prasarana produksi dengan menggunakan alat tradisional dan sudah menggunakan alat produksi modern atau menggunakan teknologi canggih dalam memproduksi guna untuk menghemat waktu dalam pengerjaan, pengadaan pembinaan dana pelatihan melalui program JPS Gemilang, JPS Kota, PIRT (Pelatihan Ibu Rumah Tangga) dan pelatihan manajemen keuangan, pelatihan yang diadakan dengan cara bergantian dengan para pelaku UMKM sektor kuliner lainnya dengan tetap mentaati protokol sehatan, promosi melalui media sosial, penyediaan sarana dan prasarana (Lokasi) UMKM Sektor Kuliner Kota Mataram berada pada lokasi yang strategis dan memiliki biaya sewa lokasi yang rendah. Konsep Strategi pengembangan UMKM Sektor Kuliner yaitu berdasarkan matriks IFE dan matriks EFE, maka dapat disusun matriks I-E. Total skor bobot IFE sebesar 4,000 dan EFE sebesar 3,703. Menempatkan Pengembangan UMKM sektor kuliner pada masa pandemi covid-19 berada pada sel I. Posisi ini menggambarkan Pengembangan UMKM sektor kuliner menunjukkan strategi yang diperlukan untuk UMKM sektor kuliner pada masa pandemic covid-19 adalah Grow and build (Tumbuh dan Bina) adalah intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk) atau integrasi (integrasi ke belakang, integrasi ke depan, dan integrasi horizontal).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBAIQ HARLY, WIDAYANTInidn0802078401
Thesis advisorRASYID, RIDHAnidn0809089002
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modal, Pemasaran, UMKM Sektor Kuliner, SWOT
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah Dan Kota > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: PARHUNIARTI PARHUNIARTI
Date Deposited: 16 Sep 2021 07:33
Last Modified: 16 Sep 2021 07:33
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3309

Actions (login required)

View Item View Item