PENGEMBANGAN LKS BERBASIS ETNOSAINS GAMBO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MATERI BUNYI SISWA KELAS VIII

NURMARIYATI, NURMARIYATI (2021) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS ETNOSAINS GAMBO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MATERI BUNYI SISWA KELAS VIII. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover benar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN .pdf

Download (708kB)
[img] Text (similarity check)
46% PENGEMBANGAN_LKS_BERBASIS_ETNOSAINS_GAMBO_UNTUK_ME.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan terhadap peningkatan literasi sains materi bunyi siswa kelas VIII. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research & Development) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan atau kelayakan produk media LKS berbasis etnosains. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan data (Research and information collecting), (2) Perencanaan (Planning), (3) Pengembangan draft prodauk (Develop preliminary form of product), (4) Uji coba lapangan awal (Preliminary field testing), (5) Merevisi hasil uji coba (Main product revision), (6) Uji coba lapangan utama (Main field testing), (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan (Operasional product revision), (8) Uji pelaksanaan lapangan operasional (Operasional field testing), (9) Penyempurnaan produk akhir (Final product revision). Pada Penelitian Pengembangan ini tidak sampai pada tahap Diseminadi dan Implementasi (Disesemination and implemention), karna dilakukan hanya pada satu sekolah yaitu SMPN 2 Monta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran diperoleh dari hasil analisis validasi ahli media I 97%, ahli media II 88%, dengan kategori sangat layak. Hasil analisis dari validasi ahli materi I 94%, ahli materi II 89% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis validasi ahli bahasa 97% dengan kategori sangat valid. Untuk angket respon peserta didik SMPN 2 Monta 90% dan dikategori sangat layak, serta peningkatan literasi sains siswa diukur dengan uji N-Gain Score dengan nilai 0,90 sehingga masuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorJohri, Sabaryatinidn0804048601
Thesis advisorIslahudin, Islahudinnidn0810108301
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media LKS Berbasis Etnosains Gambo, Literasi Sains.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 375 Kurikulum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: NURMARIYATI NURMARIYATI
Date Deposited: 07 Oct 2021 02:57
Last Modified: 07 Oct 2021 02:57
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item View Item