STRATEGI KOMUNIKASI PEGAWAI BPBD DALAM PENAGGULANGAN/PENANGANAN BENCANA DI KABUPATEN DOMPU NUSA TENGGARA BARAT

Suci, Rahmadani (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEGAWAI BPBD DALAM PENAGGULANGAN/PENANGANAN BENCANA DI KABUPATEN DOMPU NUSA TENGGARA BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_SUCI RAHMADANI_NIM 217110022_ ADMINISTRASI PUBLIK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV_SUCI RAHMADANI_NIM 217110022_ ADMINISTRASI PUBLIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_SUCI RAHMADANI_NIM 217110022_ ADMINISTRASI PUBLIK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
47% STRATEGI_KOMUNIKASI_PEGAWAI_BPBD_DALAM_PENAGGULANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Dengan judul Strategi Komunikasi Pegawai BPBD Dalam Penanggulangan/Penanganan Bencana Di Kab. Dompu, Nusa Teggara Barat. Dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan tehnik pengumpulan data, observasi,dokumentasi dan wawancara. Tehnik wawancara tidak terstruktur Karna pada dasaranya tehnik wawancara tidak terstrukrur ialah tehnik wawancara yang tidak memiliki pedoman wawancara yang tersusun secara sistematis. Agar peneliti dapat memiliki informasi yang lebih akurat, dan lebih mengalih dan mendalami lagi informasi yang ingin di dapat .Dan informan dalam penelitian ini yang dinilai memiliki informasi yang berkaitan dengan judul penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Komunikasi Pegawai BPBD Dalam Penanggulangan/Penanganan Bencana Di Kab. Dompu, Nusa Teggara Barat. Dilakukan dengan beberapa faktor tingkat komunikasi yang dilakukan pihak BPBD sudah terlaksana dengan baik, terlihat dari beberapa faktor yang menjadi indokator terlaksananya komunikasi yang digunakan pihak BPBD yaitu: (1) Indikator khalayak. Yang dimana sudah tercapai dalam pelaksanaanya dalam mengenal khalayak sendiri. (2) indikator pesan. Dimana pesan ataupun informasi yang dimiliki pihak BPBD dapat diterima dan pahami dengan baik oleh masyarakat sendiri. (3) indikator media. Dimana sudah terlaksana dengan baik, dengan memanfaatkan media elektronik dan media cetak, sehingga memudahkan informasi diketahui secara umum. Untuk faktor penghambatnya masih bisa diatasi dengan baik: (1) proses penyampaian, proses penyampaian yang dilakukan pihak BPBD sendiri dilakukan dengan baik, berdasarkan bidang-bidangnya, (2) hambatan secara fisik dimana tingkat informasi yang diberikan sudah dilakuakn secara baik oleh pihak BPBD. (3) Hambatan semantic (semantic barrier), mengenai hambata sematic, pihak BPBD sudah memberikan atau menginformasikan mengunakan bahasa bisa dipahami dan dimengerti oleh masyarakat setempat. (4) hambatanpsiko-sosial. Pengunaan bahasa yang digunaan dengan mengunakan bahasa yang biasanya ada dalam kalangan masyarakat yang ada di Kabupaten Dompu.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAmin, Salehnidn0831128310
ReviewerIskandar, Iskandarnidn0802048904
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi. Penanggulangan Bencana
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: SUCI RAHMADANI
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:34
Last Modified: 07 Oct 2021 03:34
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item View Item