SITI, MASNIATI (2021) KEGIATAN KEBAHASANAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB, DIBOARDING SCHOOL MU'ALLIMIN MUHAMMADIYAH, GOLONG - NARMADA - LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text (COVER-BAB III)
COVER BAB 1-2.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB 4 - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (SIMILARITY CHECK)
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berbicara bahasa Arab merupakan salah satu keterampilan yang sangat urgen dari beberapa keterampilan yang lain, karena berbicara merupakan suatu yang aplikatif dalam bahasa dan merupakan tujuan awal seseorang yang belajar suatu bahasa. Berhasil atau tidaknya pembelajaran keterampilan berbahasa Arab yaitu harus ditinjau dari berbagai kegiatan kebahasaan untuk menciptakan lingkungan bahasa yang dilaksanakan di instansi terkait. Berangkat dari permasalahan di atas, penulis mencoba untuk mengungkap berbagai Macam kegiatan - kegiatan kebahasan serta hambatan dalam keterampilan berbicara bahasa Arab yang dilaksanakan di Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah, Golong – Narmada – Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap berbagai macam serta bagaimana proses kegiatan-kegiatan kebahasaan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab Dan juga untuk mengetahui hambatan dari kegiatan – kegiatan kebahasan Serta Solusi dari hambatan tersebut yang dilaksanakan di Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah, Golong – Narmada – Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan pendekatan fenomenologi bersifat diskriptif. Adapun tempat penelitian ini adalah Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah, Golong – Narmada – Lombok Barat. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) wawancara, 2) observasi, 3) dokumentasi. Dalam proses analisis data, penulis melakukan beberapa tahapan yaitu: pertama, memperhatikan setiap data yang diperoleh. Kedua, menyusun data dan mengkategorikan sesuai macam-macam kegiatan-kegiatan kebahasaan untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Ketiga, mengklasifikasikan berbagai macam kegiatan kebahasaan serta proses dari kegiatan kebahasan tersebut dan mengungkap hambatan dalam proses kegiatan kebahasaan Serta Solusi dari hambatan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) kegiatan-kegiatan kebahasaan yang dilaksanakan di Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah, Golong – Narmada – Lombok Barat, meliputi: Mufrodat, muhadtsah dan khitobah 2) Adapun hambatan didalam kegiatan kebahasan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab di Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah, Golong – Narmada – Lombok Barat, adalah Pertama, Kegiatan Mufrodat : 1). Kesulitan Santri Ma’had Mu’allimin Muhammadiyah, Golong – Narmada – Lombok barat, dalam menerima dan mengahafal kosakata Bahasa arab, 2). Kesulitan Santri Ma’had Mu’allimin Muhammadiyah, Golong – Narmada – Lombok barat, dalam membaca tulisan arab. Kedua, Kegiatan Muhadtsah : 1). Perbedaan latar belakang Santri Ma’had Mu’allimin Muhammadiyah, Golong – Narmada – Lombok barat 2). Ungkapan atau praktiknya berbicara bahasa arab Santri Ma’had Mu’allimin Muhammadiyah, Golong – Narmada – Lombok barat. Ketiga, Kegiatan Khitobah, 1). Kurang Percaya Diri Santri Ma’had Mu’allimin Muhammadiyah, Golong – Narmada – Lombok barat, 2). Kurang Persiapan materi Khitobah Santri Ma’had Mu’allimin Muhammadiyah, Golong – Narmada – Lombok barat. 3). Solusi dari hambatan kegiatan tersebut, Pertama : 1). Kegiatan Mufrodat, Dengan adanya strategi guru dan pembina dalam pembagian mufrodat di dalam kelas dan membawa suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan sehingga santri dapat mencapai tujuan pembelajaran bahasa arab. 2). Kegiatan Muhadtsah, dengan cara terus dibina dan dilatih, tentang pengucapan atau praktik dalam kegiatan muhadtsah tersebut. 3). Kegiatan Khitobah, Dengan cara terus dibina dan dilatih, sekaligus diberi motivasi kepada santri untuk senantiasa terus berani dan percaya diri untuk menyampaikan sesuatu didepan umum atau didepan banyak orang, serta diberi keterampilan khusus bagaimana berbicara di depan umum.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara Bahasa Arab, Kegiatan Kebahasan, Hambatan Serta Solusi Dari Kegiatan Kebahasan | |||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Siti Masniati | |||||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2021 02:11 | |||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2021 02:11 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3234 |
Actions (login required)
View Item |