PERAN PROGRAM I-SHOP DALAM PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN NUSA TENGGARA BARAT (STUDI PADA DINAS PERDAGANGAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2017)

LAILI, MURPRATIWI (2019) PERAN PROGRAM I-SHOP DALAM PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN NUSA TENGGARA BARAT (STUDI PADA DINAS PERDAGANGAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2017). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (26MB)

Abstract

Produk unggulan adalah produk yang potensial dikembangkan pada suatu wilayah dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia lokal yang berorientasi pasar dan ramah lingkungan, sehingga memiliki keunggulan kompetitif dan siap menghadapi persaingan global. Produk unggulan daerah mempunyai nilai ekonomis yang dapat memperbesar penerimaan daerah dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). I-Shop NTB merupakan program inovasi Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berupa portal jual beli online (e-commerce) untukmengembangkan produk unggulan daerah. Penelitian dengan judul “Peran Program I-Shop Dalam Pengembangan Produk Unggulan Nusa Tenggara Barat(Studi Pada Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2017) dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana peran dari I-Shop NTB dalam mendukung pengembangan produk unggulan Nusa Tenggara Barat dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dari informan, buku, dan dokumen-dokumen dari pihak yang terkait mengenai Program I-Shop NTB. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan gabungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa Integrated Shopping Nusa Tenggara Barat (I-Shop NTB) berperan dalam pengembangan produk unggulan Nusa Tenggara Barat. Hal tersebut terlihat dengan adanya peningkatan nilai transaksi jual beli produk unggulan Nusa Tenggara Barat secara online.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMARDIAH, MARDIAHnidn0804117201
Thesis advisorMuhammad, AwaluddinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, I-Shop NTB, Produk Unggulan, Pengembangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 339 Makroekonomi & Topik Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 06 Dec 2019 01:59
Last Modified: 18 Jun 2021 03:56
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item