SYARIF, HIDAYATULLOH (2021) Metode Langsung Dalam Pembelajaran Mufrodat Siswa Kls 1 Kulliyyatul Mu’allimin Al Islamiyah (KMI) Pondok Pesantren Al- Kautsar Al- Gontory Aik Mel Lombok Timur. T.A 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER - BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II - III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti untuk mengetahui cara guru dalam menerapkan metode langsung dalam pembelajaran mufrodat di pondok pesantren Al Kautsar Al Gontory, karena peneliti melihat bahwa dari hasil penerapan metode langsung yang diterapkan oleh guru di pondok pesantren tersebut santri yang masih duduk di kelas satu sudah mampu untuk berbicara dengan temannya menggunakan bahasa arab. Pembelajaran mufrodat yang digunakan pendidik adalah dengan menggunakan bahasa Arab secara langsung dari awal belajar sampai selesai pembelajaran, pendidik menggunakan teknik secara langsung dalam menjelaskan makna kalimat yang belum dipahami siswa. Jenis Penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan tringulasi. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: ( 1 ) proses Pembelajarn Mufrodat di pondok pesantren Al-Kautsar Al-Gontory. (2) penerapan metode langsung dalam pembelajaran mufrodat di pondok pesantren Al Kautsar Al Gontory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru ketika mengajar mufrodat menggunakan bahasa Arab secara langsung dan tidak menggunakan bahasa Indonesian, begitupula santri tidak diperbolehkan menggunakan bahasa Indonesia ketika belajar mufrodat, apabila santri tidak mengetahui arti mufrodat yang diberikan, maka guru menggunakan beberapa teknik dalam menjelaskan arti kata diantaranya: (1) guru menunjukkan arti kata dalam wujud gambar atau benda konkrit, (2) guru memperagakan arti kata, (3) guru memperagakan peran, misalkan (sakit perut). (4) guru menyebutkan lawan kata atau persamaan kata.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Langsung Dan Pembelajaran Mufrodat | |||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | SYARIF HIDAYATULLAH | |||||||||
Date Deposited: | 13 Sep 2021 03:09 | |||||||||
Last Modified: | 13 Sep 2021 03:09 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2898 |
Actions (login required)
View Item |