YUSRAN, YUSRAN (2021) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTS HIDAYATULLAH 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER- BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II - III.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi. Yusran. 717110032. 2021. Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat belajar bahasa arab siswa Di MTs Hidayatullah Mataram 2020-2021. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram. Pembibing 1: Dr. Ahmad Helwani Syafi’i, M.Pd, Pembibing 2: Novi Yanti Sandra Dewi, Lc., M.E Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa di MTs hidayatullah mataram dan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa arab siswa di MTs hidayatullah mataram. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kulitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, waawancara, dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data, menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1. Faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar dari dalam diri peserta didik yang paling berpengaruh terhadap prestasi peserta didik yaitu sikap yang ditunjukkan ketika sedang mengikuti proses pembelajaran, kebanyakan peserta didik melakukan aktivitas sendiri dan tidak memperhatikan materi yang sedang dijelaskan. 2. Guru sebagai pengajar dalam proses pembelajaran bahasa Arab, guru sebagai pembimbing membantu siswa yang mengalami kesulitan memahami pembelajaran bahasa Arab, guru sebagai pengelola kelas yang dapat melihat situasi dan kondisi siswa agar tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab dengan cara menggunakan metode yang berbeda-beda yang membuat siswa kembali semangat mengikuti pembelajaran, guru sebagai demonstrator dapat menunjukkan atau mempraktikkan langsung bagaimana cara memperkenalkan diri dalam menggunakan bahasa Arab sehingga siswa mudah memahami materi yang disampaikan, guru sebagai motivator yang mampu menumbuhkan minat dan semangat siswa dengan cara guru memberikan nilai, memberikan pujian, memberi tugas, dan menggunakan metode yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar, Peran Guru | |||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | YUSRAN | |||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2021 01:49 | |||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2021 01:49 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2896 |
Actions (login required)
View Item |