Analisis Kesalahan Morfologi Pada Teks Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia 2020

AIMANSYAH, AIMANSYAH (2021) Analisis Kesalahan Morfologi Pada Teks Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia 2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
BAB 1-3.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V.pdf

Download (492kB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
33%ANALISIS_KESALAHAN_MORFOLOGI_PADA_TEKS_SKRIPSI_MAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kesalahan morfologi adalah kesalahan pembentukan kata yang dilakukan oleh orang, baik bahasa lisan maupun bahasa tulis. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kesalahan bentuk afiksasi dan kesalahan bentuk reduplikasi pada teks skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia 2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini ialah mengambil 15 skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia wisuda angkatan tahun 2020. Metode pengumpulan data penelitian ini yakni metode dokumentasi, metode telaah isi dan metode padan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah identifikasi, klasifikasi, tabulasi, interpretasi, dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil analisis data bahwa kesalahan morfologi pada teks skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia 2020 terdapat 34 kesalahan. Kesalahan bentuk afiksasi terdapat 55,17%. Kesalahan bentuk afiksasi di antaranya kesalahan peluluhan fonem /k/, /p/, /t/ pada meN- terdapat 18,96 %, kesalahan penulisan prefiks di- terdapat 24,13%, dan kesalahan penghilangan fonem /k/ pada sufiks –kan terdapat 7 atau 12,06%. Kesalahan reduplikasi terdapat 3,44% dan kekeliruan dalam pengetikan terdapat 41,37%. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan bentuk afiksasi yang mendominasi, kesalahan tersebut terutama pada kesalahan penulisan prefiks di- dengan jumlah data 24,13%. Penyebab kesalahan karena kekurangcermatan penulis membedakan di sebagai preposisi (kata depan) dan di- sebagai prefiks. Kesalahan terjadi karena keterbatasan memahami penggunaan bahasa yang baik ataupun kesalahan mengungkapkan bahasa dalam penulisan skripsi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHALUS, MANDALAnidn0028115706
Thesis advisorIRMA, SETIAWANnidn0829098901
Uncontrolled Keywords: kesalahan Afiksasi, dan Kesalahan Reduplikasi.
Subjects: 400 Bahasa > 410 Linguistik, Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: AIMANSYAH AIMANSYAH
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:32
Last Modified: 31 Aug 2021 04:32
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2756

Actions (login required)

View Item View Item