PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS 4 SD INPRES NANGA NAE TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MEGA INDRA, SURIYANI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS 4 SD INPRES NANGA NAE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media pembelajaran yang tepat dianggap mampu merangsang pikiran, perhatian, perasaan dan kemampuan siswa dalam belajar, untuk mencapai kualitas pembelajaan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media video animasi pada tema 7 subtema 1 materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku (2) mengetahui kevalidan media pembelajaran video animasi pada tema 7 subtema 1 materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 SDI Nanga Nae (3) menguji kepraktisan media pembelajaran video animasi pada tema 7 subtema 1 materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 SDI Nanga Nae (4) menguji keefektifan media video animasi pada tema 7 subtema 1 materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 SDI Nanga Nae. Prosedur penelitian yang digunakan peneliti yaitu model pengembangan Dick and Carry dengan istilah ADDIE (analysis, design, development, implementation, & evaluation). Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk berupa media pembelajaran video animasi yang telah memenuhi kategori sangat layak dan sangat baik berdasarkan penilaian yang diberikan ahli media, ahli materi, guru serta angket respon siswa pada uji kevalidan dan uji kepraktisan. Selain itu, media pembelajaran video animasi juga dinyatakan efektif setelah dilakukan observasi guru terhadap keterlaksanaan pembelajaran dan melalui tes uji coba lapangan dengan perolehan skor pretest 62,94 dan posttest 81,17 dengan gain standar 0,49. Hasil tes uji coba lapangan dengan penghitungan gain standar menunjukkan selisih antara pretest dan post-test termasuk dalam kategori sedang. Maka dapat dikatakan adanya perbedaan data hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media video animasi, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: MEGA INDRA SURIYANI
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:20
Last Modified: 08 Sep 2021 01:20
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2741

Actions (login required)

View Item View Item