MEGA INDRA, SURIYANI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS 4 SD INPRES NANGA NAE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER - BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (863kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran yang tepat dianggap mampu merangsang pikiran, perhatian, perasaan dan kemampuan siswa dalam belajar, untuk mencapai kualitas pembelajaan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media video animasi pada tema 7 subtema 1 materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku (2) mengetahui kevalidan media pembelajaran video animasi pada tema 7 subtema 1 materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 SDI Nanga Nae (3) menguji kepraktisan media pembelajaran video animasi pada tema 7 subtema 1 materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 SDI Nanga Nae (4) menguji keefektifan media video animasi pada tema 7 subtema 1 materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 SDI Nanga Nae. Prosedur penelitian yang digunakan peneliti yaitu model pengembangan Dick and Carry dengan istilah ADDIE (analysis, design, development, implementation, & evaluation). Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk berupa media pembelajaran video animasi yang telah memenuhi kategori sangat layak dan sangat baik berdasarkan penilaian yang diberikan ahli media, ahli materi, guru serta angket respon siswa pada uji kevalidan dan uji kepraktisan. Selain itu, media pembelajaran video animasi juga dinyatakan efektif setelah dilakukan observasi guru terhadap keterlaksanaan pembelajaran dan melalui tes uji coba lapangan dengan perolehan skor pretest 62,94 dan posttest 81,17 dengan gain standar 0,49. Hasil tes uji coba lapangan dengan penghitungan gain standar menunjukkan selisih antara pretest dan post-test termasuk dalam kategori sedang. Maka dapat dikatakan adanya perbedaan data hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media video animasi, Hasil Belajar Siswa | |||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | MEGA INDRA SURIYANI | |||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2021 01:20 | |||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2021 01:20 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2741 |
Actions (login required)
View Item |