PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR TEMA 5 SUBTEMA 3 PENGALAMANKU

SULASTRI, SULASTRI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR TEMA 5 SUBTEMA 3 PENGALAMANKU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
PENGEMBANGAN_MEDIA_AUDIOVISUAL_BERBASIS_ANIMASI_UN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media audiovisual adalah suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri dan dapat membantu siswa dalam mehamami pembelajaranya terlebih khusus pada siswa SD kelas II pada materi Tema 5 pengalamanku. Subjek uji coba pada pada penelitian ini terdiri dari dua subjek yaitu, (1) subjek uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas II B SDN 3 Batu Kumbung, (2) subjek uji coba lapangan di lakukan pada seluru siswa kelas II A yang berjumlah 20 orang di SDN 3 Batu Kumbung.penelitian ini yang bertujuan “ untuk mengembangkan media audiovisual berbasis animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar tema 5 subtema 3 pembelajaran 3 yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif”. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan (R&D) dengan model penelitian 4D adalah tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap penyebaran (Disseminate). Hasil penilaian adalah penilaian dari 2 validator ahli dan 2 validator praktisi pendidikan maka memperoleh presentasi 93,75% dikategorikan sangat valid, penilaian dari hasil angket respon siswa untuk uji coba terbatas maka memperoleh nilai 94,2% dan untuk angket respon siswa uji coba lapangan 91 % dikategirikan sangat praktis, dan penilaian hasil tes ketuntasan hasil belajar siswa maka memperoleh presentase 86% sangat efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: media audiovisual,animasi, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:45
Last Modified: 25 Feb 2022 03:45
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2636

Actions (login required)

View Item View Item