elisabet, sirma (2021) karakteristik UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) rumah makan dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga di sekitar jalan gajah mada pagesangan. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (7MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
|
Text (similarity check)
KARAKTERISTIK_USAHA_MIKRO_KECIL_DAN_MENENGAH__UMKM.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, dilihat permasalahan yang terjadi di rumah makan pak Wiwin Sri Widodo bahwa masalah yang sering dihadapi oleh rumah makanya ialah kesulitan pemasaran, keterbatasan sumber daya manusia dan ketidakmampuan dalam mengelolah bahan baku. Adapun bertujuan dalam penelitian ini adalah: 1). mengetahui Karakteristik untuk mengatahui peluang dan kekuatan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga di sekitar jalan gajah mada pagesangan. 2). Untuk mengetahui faktor ancaman dan kelemahan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga di sekitar jalan gajah mada pagesangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan kunci yaitu pemilik rumah makan dan karyawan, dan yang menjadi informan biasa yaitu masyarakat atau pelanggan, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rumah makan memiliki aspek kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Aspek kekuatan yaitu: Kemauan dan percaya diri untuk usaha, Fokus pada sasaran, Rumah makan yang bersih, dan menyediakan menu makan yang beragam. Aspek kelemahan yaitu: Kondisi tempat makan yang kurang bersih, Lokasi atau tempat pemasaran yang tidak memadai, Harga sewa yang mahal. Aspek peluang yaitu: Banyaknya kos-kosan dan mahasiswa, Dekat dengan kampus, Kualitas produk harus diutamakan, dan rumah makan. aspek ancaman yaitu: Biaya bahan produksi meningkat, Penampilan/ budaya penjual, Adanya Pandemic covid-19, Keinginan dan selera konsumen yang berbeda.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | UMKM (usaha, mikro, kecil, dan menengah) dan pendapatan rumah tangga | |||||||||
Subjects: | 900 Sejarah dan Geografi > 901 Filsafat dan Teori Sejarah | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Soadikin | |||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:44 | |||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:44 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2602 |
Actions (login required)
View Item |