مشكلة تعليم مهارة كلام اللغة العربية في عصر جائحة كوفيد19لطلاب الصف الحادي عشر في المدرسة الثانوية الإسلامية نور الإسلام سيكاربيلا ماترام العام الدراسي2020/2021

BAGDIATI, ERNI (2021) مشكلة تعليم مهارة كلام اللغة العربية في عصر جائحة كوفيد19لطلاب الصف الحادي عشر في المدرسة الثانوية الإسلامية نور الإسلام سيكاربيلا ماترام العام الدراسي2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB II.pdf

Download (14MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (914kB)
[img] Text
BAB IV-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Similarity Check(Hasil Cek Plagiasi).pdf

Download (9MB)

Abstract

Problematika keterampilan berbicara bahasa arab adalah kesulitan yang dihadapi, atau penghalang tercapainya tujan pembelajaran yang perlu diketahui untuk mencari solusi dari problematika tersebut. Penelitian ini dialatarbelakangi oleh banyaknya problem-problem siswa di MA Nurul Islam Sekarbela Mataram dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab. Hal yang disebabkan oleh guru bahasa arab yang jarang masuk dan keinginan siswa untuk belajar bahasa Arab semakin menurun, baik dari segi faktor internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja problematika pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab di era pandemi covid 19 dan upaya mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data bersifat interaktif yaitu mengumpulkan data , penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya problem-problem yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di era pandemi covid 19 yaitu :1) Alokasi Waktu Pembelajaran yang Kurang Memadai, 2) Proses Pembelajaran Bahasa Arab yang Minim dan tidak Produktif, 3) Minimnya Buku Bahasa Arab 3) Kurangnya Perhatian dari Orang Tua, 4) kurang motivasi diri sendiri 5) kurangnya buku bahasa Arab, 6) guru dan 7) lingkungan bahasa Arab . Upaya yang dilakukan oleh siswa yaitu dengan melakukan kursus bahasa Arab yang diprogramkan oleh pihak madrasah, mencoba belajar sendiri dirumah dan mencoba belajar bersama teman diluar sekolah. Kata kunci: problematika, keterampialn berbicara,bahasa arab, era pandemi covid 19.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Thesis advisorNUR, JANNAHnidn0803128502
Uncontrolled Keywords: Problematika, Keterampialn Berbicara,Bahasa Arab, Era Pandemi Covid 19.
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: BAGDIATI ERNI
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:11
Last Modified: 12 Aug 2021 02:11
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2577

Actions (login required)

View Item View Item