ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMKN I NARMADA

Taufik, Taufik (2019) ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMKN I NARMADA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (570kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XIdalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Narmada dan 2) mendeskripsikan bagaimana strategi tindak tutur guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI dalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Narmada. Subjek dalam penelitian yaitu guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Narmada. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, data penelitian ini adalah berupa data verbal yaitu tuturan guru dan siswa dalam interaksi dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan rekaman, sumber data dalam hal ini diambil dari salah satu guru yang mengajar bahasa Indonesia dan siswa di kelas XI dalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Narmada. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, rekaman, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwadata yang diperoleh menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia dan siswa pada kelas XI SMK Negeri 1 Narmada dalam proses pembelajaran berjumlah delapan bentuk tindak tutur direktif dan. Bentuk tindak tutur direktif yang ditemukan peneliti ialah tindak tutur direktif menyuruh, tindak tutur direktif memerintah, tindak tutur direktif mengajak, tindak tutur direktif bertanya, tindak tutur direktif menyarankan, tindak tutur direktif melarang, tindak tutur direktif meminta dan tindak tutur direktif memberi ijin. Kedelapan bentuk tindak tutur direktif tersebut menghasilkan 18 bentuk tuturan direktif yang didapat oleh peneliti. Dari kedelapan bentuk tindak tutur direktif, tindak tutur direktif bertanya yang sering digunakan oleh guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran, karena guru banyak memberikan perintah kepada siswanya untuk bertanya. Strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu menggunakan srtrategi tindak tutur langsung dan strategi tindak tutur tidak langsung. Kata kunci: tindak tutur direktif, pembelajaran bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerSri, MaryaniUNSPECIFIED
ReviewerRudi, ArrahmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 400 Bahasa > 415 Tata Bahasa, Kalimat, Sintaksis, Kata
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:28
Last Modified: 05 Jul 2021 03:21
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item