PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP MOTIFASI BELAJARAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 MANUSIA DAN BENDA-BENDA DILINGKUNGANNYA DIKELAS V SDN 3 BATUNG KUMBUNG TAHUN PELAJARAN TAHUN 2019/2020

IRZA DWI PUTRA, PRATAMA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP MOTIFASI BELAJARAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 MANUSIA DAN BENDA-BENDA DILINGKUNGANNYA DIKELAS V SDN 3 BATUNG KUMBUNG TAHUN PELAJARAN TAHUN 2019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III_126.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_130.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Media macromedia flash adalah bentuk metode mengajar dengan sala satu program software yang mampu menyajikan pesan audiovisual secara jelas kepada peserta didik dengan berbagai gambar animasi yang dapat digunakan untuk mempermudah penyampaian suatu konsep yang bersifat abstrak sehingga merangsang motivasi belajar peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Rumusan dari peneitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis macromedia flash terhadap motivasi belajar peserta didik pada tema manusia dan benda-benda dilingkungannya di kelas V SDN 3 Batu Kumbung. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel digunakan adalah 32 peserta didik terdiri dari kelas VA 10 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan V B 10 peserta didik sebagai kelas kontrol di SDN 3 Batu Kumbung, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Uji coba instrument yang diguunakan adalah uji validitas dan uji reabilitas, sedangkan analisis data menggunakan uji normaitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen sample t-test. Hasil hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung 6,576 > 〖 t〗_tabel 2,101, dan sig (2-tailed) 0.000 ≤ 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh penggunaan media macromedia flash terhadap motivasi belajar peserta didik pada tema 9 manusia dan benda-benda dilingkungannya di kelas V SDN III Batu Kumbung tahun pelajaran 2019/2020”. HO ditolak dan Ha diterima.k

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerISLAHUDIN, ISLAHUDINnidn0810108301
ReviewerNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Media Macromedia Flash, Motivasi Belajar Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: IRZA DWI PUTRA PRATAMA
Date Deposited: 22 Mar 2021 08:25
Last Modified: 22 Mar 2021 08:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2343

Actions (login required)

View Item View Item