PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD

PUTRI HASANAH, AYU (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
bab v-lampiran-dokumentasi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian adalah mengembangkan Bahan Ajar Berupa Modul Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas V SD pada materi Bangun Ruang. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Plomp, Dkk (2013). Model pengembangan ini terdiri dari empat tahapan yaitu, (1) prelimenary investigation (tahap investigasi awal), (2) Design (perencanaan), (3) construction (konstruksi), (4) test, evaluation, and revision (Tahap Tes, Evaluasi, dan Revisi). Penelitian ini dilakukan pada dua sekolah yaitu di SDN Kejawat dilaksanakannya uji terbatas dan di SDN Bree telah dilakukan uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan Modul diperoleh skor rata-rata dari enam validator yaitu 87,02% dengan kriteria sangat valid. Hasil respon siswa pada uji coba terbatas mendapatkan presentasi 73,62% dan pada uji coba lapangan 88,84%. Dan motivasi siswa diperoleh persentase 76% pada kategori Baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
UNSPECIFIEDSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Modul, Etnomatematika, Bangun Ruang.
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: AYU PUTRI HASANAH
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:03
Last Modified: 23 Mar 2021 02:03
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2341

Actions (login required)

View Item View Item