HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI PPKn DAN LITERASI CIVIC CULTURE TERHADAP KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 SAPE KABUPATEN BIMA

FIRMANSYAH, FIRMANSYAH (2021) HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI PPKn DAN LITERASI CIVIC CULTURE TERHADAP KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 SAPE KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV FIRMANSYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN FIRMANSYAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Terjadinya perilaku tidak disiplin di sekolah tersebut menunjukkan bahwa telah terjadi permasalahan serius dalam pendidikan karakter disiplin. Munculnya perilaku tidak disiplin menunjukkan bahwa pengetahuan yang terkait dengan karakter yang didapatkan peserta didik di sekolah tidak membawa dampak positif terhadap perubahan perilaku peserta didik sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan pemahaman materi PPKn dan literasi civic culture terhadap karakter disiplin peserta didik kelas VII SMPN 2 Sape Kabupaten Bima.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Metode pengumpulan yaitu angket dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian yaitu variabel bebas meliputi pemahaman nilai-nilai Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan literasi civic culture, sedangkan variabel terikat adalah karakter disiplin. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji t diperoleh nilai thitung (4,753) > ttabel (1,782) dan nilai signifikansinya sebesar (0,000) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Pemahaman Nilai-nilai PPKn (X1) berhubungan terhadap Karakter Disiplin (Y). Sedangkan pada variabel Literasi Civic culture, nilai thitung (3,530) > ttabel (1,782) dan nilai signifikansinya sebesar (0,000) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Literasi Civic culture (X2) berhubungan terhadap Karakter Disiplin (Y). Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung (6,418) > Ftabel (3,740) dengan Signifikan. (0,000) < 0,05 maka hipotesis diterima. Model regresi menunjukan bahwa variabel indpenden terdiri dari variabel Pemahaman Nilai-nilai PPKn (X1) dan Literasi Civic culture(X2) secara bersama-sama berhubungan terhadap variabel terikat yaitu Karakter Disiplin (Y). Hasil uji adjusted R2 pada penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,811 yang berarti bahwa besarnya pengaruh pemahaman nilai￾nilai PPKn dan literasi civic culture terhadap karakter disiplin peserta didik adalah sebesar 81,1%, sedangkan sisanya sebesar 18,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji beta (beta coefficient) diperoleh kesimpulan bahwa yang paling besar kontribusi masing￾masing variabel bebas yaitu pemahaman nilai-nilai PPKn sebesar 0,073.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHAFSAH, HAFSAHnip196905062007012037
ReviewerABDUL, SAKBANnidn0824048404
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Materi PPKn Literasi Civic Culture dan Karakter Disiplin
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Depositing User: FIRMANSYAH FIRMANSYAH
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:40
Last Modified: 22 Mar 2021 02:40
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item View Item