PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN ALAT PERAGA PIPET/SEDOTAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR

HETI, KURNIAWATI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN ALAT PERAGA PIPET/SEDOTAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III_HETI KURNIAWATI_NIM 116180078_PGSD.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_HETI KURNIAWATI_NIM 116180078_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN_HETI KURNIAWATI_NIM 116180078_PGSD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran tipe jigsaw adalah model pembelajaran yang meningkatkan kerja sama antar siswa, memiliki banyak kesempatan untuk mengemukakan pendapat serta meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Rumusan dari peneitian ini adalah bagaimanakah pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe jigsaw berbantuan alat peraga pipet/sedotan terhadap hasil belajar pada materi bangun datar kelas IV. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel digunakan adalah 20 siswa terdiri dari 10 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 2 Batu Kumbung yang terdiri dari 10 siswa sebagai kelas control, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, test dan dokumentasi. Uji coba instrument yang diguunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan uji daya pembeda soal, sedangkan analisis data menggunakan uji normaitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran tipe jigsaw berbantuan alat peraga pipet/sedotan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar kelas IV, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ 〖_tabel〗 (5.810≥ 2,101), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha terima..

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerINTAN DWI, HASTUTInidn0823078802
ReviewerYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: HETI KURNIAWATI
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:38
Last Modified: 18 Mar 2021 07:38
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item View Item