Septia, Rusdiana (2019) ANALISIS FUNGSI TINDAK TUTUR DAN INFERENSI PADA ISI PESAN SINGKAT YANG BERMOTIF PENIPUAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text
CAVER-BAB III.pdf Download (882kB) |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi tindak tutur dan inferensi pada isi pesan singkat yang bermotif penipuan.Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data diperoleh melalui informan yang berjumlah 21 orang.Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode telaah isi.Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah melalui identifikasi data, klasifikasi data, dan interpretasi. Berdasarkan hasil dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini terdapat 3 fungsi tindak tutur yang digunakan dalam isi pesan singkat yang bermotif penipuan yaitu 1) fungsi tindak tutur direktif yang terdiri dari tindak tutur menyuruh, meminta, dan mendesak,2) fungsi tindak tutur ekspresif terdiri dari tindak tutur mengucapkan selamat, dan 3) fungsi tindak tutur komisif terdiri dari tindak tutur berjanji. Referensi yang digunakan dalam proses inferensi (menarik kesimpulan) ini yaitu penggunaan referensial dan atribut, nama dan referen, serta peranan ko-teks dan konteks. Kata Kunci: Tindak Tutur, Pesan Singkat, Inferensi
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Repository UMMAT | |||||||||
Subjects: | 400 Bahasa > 410 Linguistik, Bahasa Indonesia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Wahyuni Wahyuni | |||||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2019 06:01 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jul 2021 03:12 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/192 |
Actions (login required)
View Item |