PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD PADA MATERI BANGUN DATAR

SUCIATI, SUCIATI (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD PADA MATERI BANGUN DATAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD pada Materi Bangun Datar yang Valid, Praktis dan Efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dan menggunakan Model Pengembangan 4D yaitu (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Dessminate (Penyebaran). Pada Penelitian Pengembangan ini tidak sampai pada tahap Dessminate (Penyebaran), karna dilakukan hanya pada satu sekolah saja yaitu SDN 3 Suranadi. Pada Penelitian Pengembangan ini uji terbatas dilaksanakan di kelas V dan tahap uji lapangan dilaksanakan di kelas IV SDN 3 Suranadi sebagai uji kepraktisan dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk Perangkat Pembelajaran seperti : (1) Silabus, diperoleh skor rata-rata dari 2 validator ahli dan 3 validator praktisi yaitu 86,30% (sangat valid), (2) RPP, diperoleh skor rata-rata dari 2 Validator Ahli dan 3 Validator Praktisi yaitu 87,8% (sangat valid), (3) LKS, diperoleh skor rata-rata dari 2 Validator Ahli dan 3 Validator Praktisi yaitu 84,75% (valid), (4) Rubrik Penilaian, diperoleh skor rata-rata dari 2 Validator Ahli dan 3 Validator Praktisi yaitu 92,5% (sangat valid), (5) Soal Tes, diperoleh skor rata-rata dari 2 Validator Ahli dan 3 Validator Praktisi yaitu 91% (sangat valid). Angket respon siswa uji lapangan yang menunjukkan Kepraktisan Perangkat Pembelajaran seperti : (1) LKS, diperoleh skor rata-rata 81,2% (sangat praktis), (2) Soal Tes, diperoleh skor rata-rata 82,5% (sangat praktis). Selain itu Kepraktisan Perangkat Pembelajaran dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang diamati dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan diperoleh data yaitu 92,61% pada kategori sangat baik. Kefektifan Perangkat Pembelajaran dilihat dari kemampuan Berpikir Kreatif siswa yang diukur menggunakan instrumen soal tes kemampuan berpikir kreatif yang diberikan kepada siswa uji lapangan yaitu Kelas IV SDN 3 Suranadi, dan diperoleh skor rata-rata 92% (sangat kreatif). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHASTUTI, INTAN DWInidn0823078802
ReviewerMARIYATI, YUNInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Open Ended, Bangun
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
000 Karya Umum > 028 Literasi Informasi, Membaca
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: SUCIATI SUCIATI
Date Deposited: 10 Mar 2021 06:38
Last Modified: 10 Mar 2021 06:38
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item View Item