PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT-ALAT OPTIK SISWA KELAS VIII MTs N 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019

Nursaidah, Nursaidah (2019) PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT-ALAT OPTIK SISWA KELAS VIII MTs N 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran disekolah memiliki beberapa hambatan, selain itu guru masih menggunakan media pembelajaran yang tidak bervariasi karena guru jarang menggunakan kegiatan pembelajaran yang membuat aktif secara nyata dalam belajar seperti kegiatan praktikum. Hal ini menyebabkan rendahnya keterampilan proses sains siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pocket book berbasis eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi cahaya dan alat-alat optik kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D). sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram sebanyak 36 siswa. Data diperoleh melalui soal, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa bentuk dari media pocket book yaitu ukuran media pocket book 10 cm x 12 cm dan terdiri dari cover, materi cahaya dan alat-alat optik, contoh soal dan pembahasan, contohnya dalam kehidupan sehari-hari serta praktikum yang menggunakan alat-alat sederhana yang mudah di temukan dalam kehidupan sehari-hari. Di lihat dari kevalidannya media pocket book teruji kevalidannya baik dari segi ahli media maupun materi dimana untuk kriteria pendidikan 3 ahli dan praktisi memberikan nilai A, untuk kriteria tampilan 2 ahli dan 1 praktisi memberikan nilai A dan 1 ahli memberikan nilaki B, serta untuk kriteria teknis 3 ahli memberikn nilai A dan praktisi memberikan nilai B dan teruji keefektifannya karena berdasarkan taraf kesalahan 5% dari jumlah 36 siswa, maka diperoleh harga ttabel = 0, 68137. Ternyata harga thitung lehih besar dari harga ttabel (5,145 > 0,68137). Menunjukan bahwa hipotesis (Ho) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima menyatakan ada perbedaan keterampilan proses sains sebelum dan setelah menggunakan media pocket book . Ini berarti media pembelajaran pocket book efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains masing-masing siswa. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Pocket Book, Keterampilan Proses Sains Siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerIsnaini, IsnainiUNSPECIFIED
ReviewerWayan Sri, DarmayantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 535 Cahaya Optik, Infra Merah dan Fenomena Ultraviolet
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 03 Dec 2019 06:12
Last Modified: 03 Dec 2019 06:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item