PELAKSANAAN SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KANTOR KECAMATAN LABUAPI, LOMBOK BARAT

ASMIATI, HIDAYAT (2021) PELAKSANAAN SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KANTOR KECAMATAN LABUAPI, LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-Lampiran-dikonversi.pdf

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan PATEN di Kecamatan Labuapi Lombok Barat serta hambatan yang dialami oleh petugas pelaksana kebijakan. Tempat penelitian berlokasi di Kantor Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat yang dimana belum pernah ada dilakukannya penelitian mengenai pelaksanaan PATEN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakakukan dengan menggunakan metode implementasi darai Van METER DAN Van Horn dengan 6 variabel yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap/kecenderungan (Disposisi) para pelaksana, komunikasi antara organisasi dan aktivitas pelaksana, Lingkungan ekonomi social dan politik. Hasil penelitian ini terdapat ada 2 variabel yang tidak terlaksana dengan baik yaitu sumber daya, dimana dalam sumber daya ada sumber daya waktu yang belum terlaksana dengan baik karena tidak ada kepastian waktu dari petugas pelayanan dan lingkungan ekonomi, social dan politik belum terlaksana dengan baik karena tidak ada dukungan dari masyarakat sekitar tentang program PATEN ini karna belum pernah diadakan sosialisasi langsung di ke masyarakat sedangkan ada 4 variabel yang terlaksana dengan baik yaitu ukuran dan tujuan,ukuran keberhasilan program PATEN sudah bisa dirasakan oleh petugas dan masyarakat dengan tujuan implementasi yang berjalan dengan lancar. Karakteristik agen pelaksana yang sudah sepenuh hati mengayomi dan melayani masyarakat dengan pelaksanaan yang sudah sesuai dengan SOP. sikap/disposisi, sikap penerimaan dan loyalitas terlihat karna sikap pelaksana yang demokratis tanpa membedakan masyarakat dan terakhir Komunikasi, Kelancaran pelayanan sudah terjadi karena komunikasi yang terjalin dengan masyarakat sudah baik. Hasil secara keseluruhan implementasi program pelayanan untuk masyarakat berjalan dengan efektif dan efisien yang mencerminkan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) sudah terlaksana dengan baik atau sesuai dengan Good Governance.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerABDURRAHMAN, ABDURRAHMANnidn0804116101
ReviewerM.APRIAN, JAILANInidn0804049501
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Sistem Pelayanan, Paten
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 321 Sistem Pemerintahan & Negara
300 Ilmu Sosial > 323 Hak Warga Sipil & Hak Warga Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: ASMIATI HIDAYAT
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:39
Last Modified: 08 Mar 2021 07:39
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1884

Actions (login required)

View Item View Item