Santi, Lestari (2019) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA KARYA TERE LIYE DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN LITERASI SISWA KELAS VIII SMPN 1 SAPE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text
CAVER--BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada pada novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye, serta implementasinya dalam pembelajaran literasi siswa kelas VIII SMPN 1 Sape tahun pelajaran 2018/2019. Kajian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori sosiologi sastra, bahwa pada sosiologi sastra begitu erat akan hubungan serta cara pandang karya sastra sebagai cerminan kehidupan manusia yang nyata dan unik. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi yang bersifat pembahasan terhadap isi novel yang menjadi bahan kajiannya. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Sape kelas VIII- B dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang dan novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dengan mencari nilai-nilai pendidikan karakter pada novel tersebut. Pengumpulan data menggunakan teknik catat, observasi, tugas, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan rumus Penilaian Acuan Patokan (PAP) untuk menentukan kemampuan individual dan kelompok. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada novel Hafalan Shalat Delisa terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya, yaitu : (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) kerja keras, (5) kreatif, (6) mandiri, (7) rasa ingin tahu, (8) bersahabat, (9) cinta damai, (10) gemar membaca, (11) peduli lingkungan, (12) peduli sosial. Pada implementasinya dalam pembelajaran literasi siswa kelas VIII SMPN 1 Sape tahun pelajaran 2018/2019. Ditemukan hasil pada materi teks fiksi yakni kemampuan individu siswa berkemampuan tinggi sebanyak 25 siswa (78%), sedang 7 siswa (22%), dan rendah 0 siswa (0%). Adapun kemampuan kelompok siswa atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan nilai 70,53 kategori tinggi dengan rentang skor 81,5-68. Kata Kunci : Nilai, pendidikan karakter, pembelajaran literasi
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Repository UMMAT | |||||||||
Subjects: | 800 Kesusastraan > 810 Kesusastraan Indonesia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Wahyuni Wahyuni | |||||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2019 05:45 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jul 2021 03:11 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/188 |
Actions (login required)
View Item |