Rosdiana, Dina (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ESTAFET WRITING (MENULIS BERANTAI ) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII C SMPN 2 DONGGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER - BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan metode Estafet Writing terhadap siswa kelas VII C SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan beberapa acuan dari para ahli. Metode Estafet Writing adalah salah satu strategi yang digunakan di dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, metode observasi, metode tugas, metode dokumentasi, dan analisis data.Menggunakan metode deskriptif kuantitatif. SHasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerita fantasi terhadap siswa kelas VII C SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2018/2019 dianggap berhasil. Pada pelaksanaan pembelajaran siswa yang mendapat kategori tinggi 22 siswa (92,9%), kategori sedang 2 siswa (7,1%), dan kategori rendah 0 siswa. Adapun indeks prestasi kumulatif (IPK) 74,82 dengan kategori tinggi dengan rentang 75-85. Kata kunci: metode Estafet Writing, cerita, siswa kelas VII C
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Repository Institusi UMMAT | |||||||||
Subjects: | 400 Bahasa > 411 Sistem Tulisan, Penulisan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Mariana Rahmawati | |||||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2019 05:42 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jul 2021 03:09 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/185 |
Actions (login required)
View Item |