PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS V PADA TEMA 5 DI SEKOLAH DASAR

AFRIATI, AFRIATI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS V PADA TEMA 5 DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover-BAB III.pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap keaktifan dan kemampuan kognitif siswa pada kelas V tema 5 di Sekolah Dasar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, dengan jumlah subyek 19 siswa pada kelas kontrol dan 21 siswa pada kelas eksperimen. Desain yang digunakan Pre-Test and Post-test group. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah non tes berbentuk observasi untuk mengukur keaktifan dan untuk mengukur kemampuan kognitif menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan video pembelajaran terhadap keaktifan dan kemampuan kognitif siswa pada kelas V tema 5 di Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan menggunakan independent uji MANOVA diperoleh tingkat signifikan .000 < α = 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHAIFATURRAHMAH, HAIFATURRAHMAHnidn0804048501
ReviewerMARIYATI, YUNInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Keaktifan dan Kemampuan Kognitif
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: AFRIATI AFRIATI
Date Deposited: 04 Mar 2021 01:25
Last Modified: 04 Mar 2021 01:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item