LUSIANA, HERNAWATI (2021) ANALISIS TENTANG INOVASI PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS BABAKAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text (Cover-BABIII)
KAPER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini telah dilaksanakan di Puskesmas Babakan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan inovasi program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan antara lain yaitu dengan menentukan sampel responden sebanyak 20 orang yang menerima pelayanan di Puskesmas Babakan. Instrumen pengumpulan data menggunakan koensioner, angket dan wawancara untuk melengkapi data juga menggunakan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif untuk data dari wawancara dan kuantitatif prosentase baris dari data hasil koesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel fasilitas kesehatan, pelaksanaan program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja terhadap tingkat kualitas pelayanan publik mencapai 65,00% merasa puas dan sangat puas, selanjutnya untuk variabel tenaga kesehatan mencapai 65,00% merasa puas dan sangat puas, variabel remaja mencapai 70,00% merasa puas dan sangat puas, variabel jejaring mencapai 80,00% merasa puas dan sangat puas dan terakhir variabel manajemen kesehatan mencapai 85,00% merasa puas dan sangat puas. Dengan demikian secara keseluruhan dari 5 variabel penelitian berada pada kategori puas dan sangat puas 70,00%. Sementara itu yang menjadi faktor pendukung meliputi ketersediaannya kualitas pegawai yang memiliki keterampilan dan kompetensi dibidangnya, tersedianya fasilitas ruangan tempat pemeriksaan ber-ac, dan minat dan partisipasi remaja untuk mengikuti kegiatan tinggi. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya meliputi fasilitas kesehatan masih kurang lengkap seperti ruang konseling khusus untuk remaja dan kapasitas ruangan yang tidak memenuhi, dukungan dari masyarakat untuk program ini masih rendah, dan kurangnya kerjasama dibeberapa wilayah kerja. Berdasarkan hasil penelitian adapun saran yang diberikan yaitu perlu ditingkatkan sosialisasi lebih meluas, perlu penambahan pembiayaan terutama untuk sarana dan prasarana pendukung dan perlu pemnambahan pemberian pelatihan kepada tenaga kesehatan yang ada.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Inovasi PKPR, Kualitas, Pelayanan Publik. | |||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 022 Administrasi dan Fisik Perpustakaan 000 Karya Umum > 027 Perpustakaan, Kearsipan, Pusat Informasi untuk Disiplin Ilmu secara Umum |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | LUSIANA HERNAWATI | |||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2021 07:40 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2021 02:17 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1754 |
Actions (login required)
View Item |