STUDI LITERATUR TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT

SURYANA, SURYANA (2020) STUDI LITERATUR TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (212kB)
[img] Text
COVER-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (107kB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan suatu target sekaligus bahan evaluasi yang sering diterapkan dengan cara membandingkan hasil pelayanan kefarmasian yang diterima pasien dengan harapan pasien. Pasien maupun keluarga pasien akan merasa puas apabila kinerja pelayanan kefarmasian yang diterima sama atau melebihi harapannya dan sebaliknya pasien akan merasa kecewa atau tidak puas apabila pelayanan kefarmasian yang diterimanya tidak sesuai dengan harapannya. Sehingga perlu adanya evaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan intensitas kunjungan pasien ke rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di rumah sakit. Jenis penelitian yang digunakan adalah Studi Literatur. Cara pencarian literatur dengan menggunakan database elektronik yang terakreditasi/terindeks sinta. Jurnal yang relevan dengan penelitian ini ada 5 jurnal nasional yang diperoleh dari hasil screening. Hasil tingkat kepuasaan pasien di ukur berdasarkan karakteristik responden yakni usia, pendidikan, pekerjaan, intensitas kunjungan, dan jenis kelamin dan 5 dimensi pengukuran yakni kehandalan 74,49% (puas), Ketanggapan 73,89% (puas), keyakinan 77.06% (puas), empati 78,53% (puas), dan bukti langsung 69,18% (puas). Kesimpulan dari studi literatur ini menunjukkan kelima dimensi pengukuran tingkat kepuasan pasien nilai puas dan semua kategori. Kata Kunci: Studi literatur, Tingkat kepuasaan, Pelayanan Kefarmasian, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerCYNTIYA, RAHMAWATINIDN0822128801
ReviewerNAIQ, NURBAETYNIDN0829039001
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Studi literatur, Tingkat kepuasaan, Pelayanan Kefarmasian, Rumah Sakit
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan, dan Ilmu Kesehatan > 610.28 Teknik, Prosedur, Alat-alat, Perlengkapan, Bahan-bahan, Instrumentasi Medis
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Farmasi
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:01
Last Modified: 25 Jan 2021 04:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1719

Actions (login required)

View Item View Item