PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTBOUND DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS II DI MI NW BADRUSSALAM SEKARBELA MATARAM TAHUN AJARAN 20019/2020

Dian, Novisantriani (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTBOUND DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS II DI MI NW BADRUSSALAM SEKARBELA MATARAM TAHUN AJARAN 20019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (390kB)
[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (671kB)

Abstract

Dian Novisantriani, 716120012. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTBOUND DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPS KELAS II DI MI NW BADRUSSALAM SEKARBELA MATARAM TAHUN 2019/2020.Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Mataram. Pada hakekatnya anak adalah manusia yang sedang tumbuh dan berkembang serta memiliki kepribadian berbeda dengan manusia dewasa. Usia yang sangat tepat untuk mengolah dan membentuk tingkah laku dan menumbuhkanmotivasi anak melalui kegiatan atau aktivitas fisik melalui pendekatanpembelajaran luarruangan atauoutbound. Outbound bagianaksangat bermanfaatmerupakansuatuprogrampembelajaran(pelatihan)untuk anak-anakyangdilakukandi alam terbukadenganmendasarkanpadaprinsip “experimental learning” (belajar melalui pengalaman langsung)yang disajikan dalam bentuk permainan,stimulus, diskusi dan petualangan sebagai media penyampaian materi.Pada dasarnya pembelajaranoutbound ini bertujuan untuk mengatasipermasalahananakyangkurangmotivasidalam kegiatanbelajar, meningkatkankompetensidirianak,mengambangkan kemampuan dan gagasan kreatifitas.Berdasarkan Hasil awal pada mata pelajaran IPS keas II di MI NW Badrussalam Sekarbela Mataram sebelum penerapan metode pembelajaran kurangnya motivasi belajara siswa siswi pada mata pelajaran IPS.Maka dari itu guru berinisiatif melakukan pembelajaran diluar kelas (Outbound). Dengan diadakannya pembelajaran diluar kelas (Outbound) siswa siswi kelas II sangat termotivasi untuk lebih giat dan semangat serta bertambah minat didalam mengikuti Pembelajaran selanjutnya. Peneliti disini menggunakan penelitian kuantitatif yang mana terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar dalam menggunakan metode outbound pada siswa kelasa II Di MI NM Badrussalam Sekarbela Mataram. Kata Kunci : Penerapan Metode, Pembelajaran Outbound, Meningkatkan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerABDUL, WAHABNIDN0812086701
ReviewerMUSTAPA, ALINIDN00805108503
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode, Pembelajaran Outbound, Meningkatkan Hasil Belajar.
Subjects: 200 Agama > 297 Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:51
Last Modified: 19 Oct 2020 04:51
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item View Item