PERAN GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA KELAS V DI MI AL- MA’RIFATUL ISLAMIYAH DASAN AGUNG SELAPARANG KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2018-2019

Eni, Aswiyanti (2019) PERAN GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA KELAS V DI MI AL- MA’RIFATUL ISLAMIYAH DASAN AGUNG SELAPARANG KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2018-2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Menjadi seorang guru adalah suatu profesi yang mulia, akan tetapi menjadi seorang guru tidak hanya sebatas menyampaikan suatu materi pembelajaran akan tetapi menjadi seorang guru memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menjalankan perannya sebagai pendidik yang mengutamakan pembentukan dan pembinaan sikap dan prilaku peserta didik. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang masih kurang pendidikan akhlaknya, pada dasarnya seluruh guru yang ada di MI Al-Marifatul Islamiyah Dasan Agung sudah memberikan contoh yang baik kepada seluruh siswa dan siswinya, namun masih ada beberapa siswa yang melanggar peraturan yang ada di Madrasah. Sebagai contohnya: ribut saat belajar, berkelahi dengan temannya, saling mengolok-olok temannya, kurang sopan dalam berpakian, main-main pada waktu membaca Al-Qur’an ketika Imtaq berlangsung. Pembahasan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam membina Akhlak siswa di MI Al-Ma’rifatul Islamiyah Dasan Agung Selaparang Kota Mataram. (2) Bagaimana akhlak siswa kelas V di MI Al-Ma’rifatul Islamiyah Dasan Agung Selaparang Kota Mataram. (3)Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pembinaan akhlak siswa kelas V di MI Al-Ma’rifatul Islamiyah Dasan Agung Selaparang Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif adapun alat pengumpulan data adalah: wawancara, observasi, dokumentasi. Dalam analisis data digunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna penalaran, definsi atau situasi tertentu serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku objek yang sedang diteliti. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Peran Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Membina Siswa Kelas V di MI Al-Ma’rifatul Islamiyah Dasan Agung Selaparang Kota Mataram. Kesimpulan dan saran. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, bahwa guru Aqidah Akhlak sudah mnejalankan tugasnya dengan baik serta menggunakan beberapa metode dalam pembinaan akhlak siswa akan tetapi masih ada beberapa anak yang melakukan pelanggaran atau bisa dikatakan kurang berhasilnya proses pembinaan akhlak siswa hal ini disebabkan beberapa faktor yaitu kurang perhatian dari orang tua dan kurangnya kesedaran diri dari siswa. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus lebih profesional dalam pembinaan akhlak siswa, kemudian pihak orang tua lebih memperhatikan belajar anaknya di rumah serta lebih memperketat pergaulan anaknya di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Kata Kunci: Peran Guru, Akidah Akhlak, Membina Akhlak Siswa

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAqodiah, AqodiahUNSPECIFIED
ReviewerM. Musfiatul, WardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 02 Dec 2019 03:11
Last Modified: 02 Dec 2019 03:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item