Sri, Sholehah (2019) PENANAMAN NILAI – NILAI PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN “ LOST GENERATION ”DI TPA PENDIDIKAN PESANTREN NU HIDAYATUL MUTTAQIN – PAGUTAN TAHUN 2018/2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].
Text
COVER - BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Menurut UU. Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3 berbunyi “ Pendidikan Nasional bertujuan “ Untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak, mulia ,sehat, berilmu,cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab “. Penelitian ini menggambarkan bagaimana penanaman nilai - nilai Pancasila dalam pembentukkan karakter anak sebagai upaya mencegah terjadinya Lost Generation. Adapun tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui implementasi nilai – nilai Pancasila untuk membentuk karakter anak, (2) untuk mengetahui hambatan – hambatan yang dialami dalam penananman nilai – nilai Pancasila, (3) untuk mengetahui sistem pngawasan dan sanksi terhadap penanaman karakter pada anak. Penelitian ini menggunakkan metode penelitian kualitatif - deskriptif dengan pendekatan fenomenologis dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dokumentasi,triangulasi. cara menentukkan informan dalam penelitian ini ialah dengan purposive sampling dan Snowball sampling,yang dianalisis melalui, reduksi data, penyajian data,dan menarik kesimpulan serta metode pengabsahan data menggunakkan uji kredibilitas. Hasil penelitian ini ialah (1) implementasi penanaman nilai – nilai Pancasila di pesantren dilakukan dengan menerapkan kurikulum pesantren tercantum dalam Peraturan Mentri Agama No. 13 Tahun 2014 tentang pendidikan keagamaan Islam mengajarkan materi mengenai Pendidikan Akhlak sebagai bentuk substansi materi dalam penguatan karakter santri, penerapan metode contoh dan pembiasaan pada santri, cerminan nilai – nilai Pancasila yang disajikan pada form penilaian raport santri. (2) Hambatan yang di alami dalam penanaman nilai – nilai Pancasila kurangnya kerjasama dari pihak pesantren dan lembaga terkait, kurangnya dukungan orang tua , kurangnya pelatihan maupun sosialisasi mengenai, pengembangan metode belajar yang belum optimal serta pemberian contoh dari ust-ustadzah, jumlah santri dengan tenaga pengajar yang tidak sesuai. (3) Bentuk sistem pengawasan dan pemberian sanksi dalam penanaman nilai – nilai Pancasila ialah sistem pengawasan langsung dan tidak langsung yang dilakukan melalui koordinasi wali kelas, dengan para ustazah, dan koordinator TPA serta pimpinan pesantren. Kata kunci : Penanaman , Pancasila, karakter , Lost Generation, Pesantren
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Repository Institusi UMMAT | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 304 Faktor Yang Mempengaruhi Tingkah Laku Sosial | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan | |||||||||
Depositing User: | Bahaudin Bahaudin | |||||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2019 03:02 | |||||||||
Last Modified: | 02 Dec 2019 03:02 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/160 |
Actions (login required)
View Item |