SYAFITRIANI, SYAFITRIANI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) TERHADAP PENINGKATAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Starter Experiment Approach (SEA) terhadap peningkatan kognitif IPA Fisika peserta didik pada mata pelajaran fisika kelas VIII SMP Negeri 4 Narmada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen, dengan desain one-group pretest-posttest design.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Narmada. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 orang siswa dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes yang telah diuji kelayakannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil uji t diperoleh thitung = 3,630. Hasil uji t tersebut kemudian dikonsultasikan pada ttabel. dengan taraf signifikan 5% dan N = 54 diperoleh ttabel = 2,175, karena thitung ≥ ttabel, maka Hipotesis Ha diterima, dengan demikian ada Pengaruh Model pembelajaran Starter Experiment Approach (SEA) Terhadap Peningkatan Kognitif Peserta Didik Pada mata Pelajaran Fisika Kelas VIII SMP Negeri 4 Narmada Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Starter Experiment Approach (SEA), Kognitif IPA Fisika
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika | |||||||||
Depositing User: | Mariana Rahmawati | |||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2020 01:01 | |||||||||
Last Modified: | 04 Dec 2020 01:01 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1575 |
Actions (login required)
View Item |