PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III MI AL MA’RIFATUL ISLAMIYAH DASAN AGUNG TAHUN AJARAN 2018-2019

RILWANU, LUKMAN (2020) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III MI AL MA’RIFATUL ISLAMIYAH DASAN AGUNG TAHUN AJARAN 2018-2019. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover SAMPAI BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover SAMPAI BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4 saja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5 SAMPAI LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III MI Ma’rifatul Islamiyah Dasan Agung Tahun Ajaran 2018-2019”. Pada zaman milenial seperti saat ini memaksa para orang-orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan khususnya para guru untuk lebih berinovasi dan berkontribusi yang maksimal terhadap dunia pendidikan dengan memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam memilih metode ataupun media pembelajaran yang menarik untuk murid-muridnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk “meningkatkan minat belajar siswa melalui media audio-visual pada Mata Pelajaran IPA dikelas III MI Al Ma’rifatul Islamiyah Dasan Agung”. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian tindakan kelas serta menggunakan media audio visual untuk meningkatkan minat belajar siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode obsevasi langsung dan dokumentasi. peneliti menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang di hadapi oleh guru di lapangan. Dengan melaksanakan PTK, peneliti yang dilakukan di dalam kelas melalui refleksi diri dengan tujuan unuk memperbaiki kinerjanya sehingga minat belajar siswa meningkat. Hasil dari penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 80% siswa kelas III memperoleh skor minat belajar minimal 25 disetiap siklunya. Pada siklus I terdapat 70% (15 siswa) siswa kelas III memeperoleh skor minat belajar ≥ 25 (kategori minat belajar cukup dan siklus II terdapat 85%(17 siswa) siswa kelas III memperoleh skor minat belajar ≥ 25 (kategori belajar tinggi). Selain itu, terjadi peningkatan rata-rata minat belajar siswa kelas III dari siklus I ke siklus berikutnya. Pada siklus I menunjukkan angka 25,80 dengan kategori minat belajar mencukupi, dan siklus II menunjukkan angka 26,80 dengan kategori minat belajar tinggi. Kata kunci : penelitian tindakan kelas, media audio visual, dan minat belajar

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAQODIAH,, AQODIAHNIDN0815027401
ReviewerNURJANAH, NURJANAHNIDN0803128502
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, media audio visual, dan minat belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:43
Last Modified: 05 Oct 2020 04:43
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item View Item