ANALISIS PENGARUH PERSONAL SELLING DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN JASA MASTER WASH LAUNDRY DI MATARAM

DHIAN PERMATA, ABRORI (2020) ANALISIS PENGARUH PERSONAL SELLING DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN JASA MASTER WASH LAUNDRY DI MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
1. Sampul - Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB 5 - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal selling (X1) dan promosi (X2) secara parsial, simultan dan variabel mana yang lebih berpengaruh terhadap peningkatan penjualan (Y) Master Wash Laundry di Mataram. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dan pelanggan Master Wash Laundry di bulan april tahun 2020. Akan tetapi karena populasi dalam penelitian ini lebih dari 100 maka peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling yang dimana pengambilan sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin (1960) sehingga hasil yang didapatkan adalah 95 sampel atau responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu personal selling (X1), promosi (X2) dan penjualan (Y).Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang personal selling, promosi dan penjualan, sedangkan wawancara untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan sejarah singkat Master Wash Laundry, data penjualan, data pegawai dan struktur organisasi. Sedangkan untuk uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach.Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan ujiregresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel personal selling tidak berpengaruh terhadap penjualan, terlihat dari nilai thitung yaitu 1,198 lebih kecil dari nilai ttabel yaitu 1,986 dan juga nilai signifikansinya lebih besar dari 0,05 yaitu 0,234, sedangkan variabel promosi secara parsial berpengaruh terhadap penjualan, terlihat dari nilai thitung yaitu 2,860 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,986 dan juga nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,005. Namun secara simultan variabel personal selling (X1) dan promosi (X2) berpengaruh terhadap variabel penjualan (Y), terlihat dari nilai Fhitung> Ftabel , nilai Fhitung sebesar 5,402 lebih besar dibanding nilai Ftabel yaitu 3,090 dan nilai signifikansinya < 0,05 yaitu 0,006. Hasil korelasi antara personal selling, promosi dan penjualan menunjukan angka sebesar 0,324, hal ini menunjukkan hubungan yang positif antara ketiganya.Sedangkan untuk variabel yang paling berpengaruh terhadap penjualan adalah variabel promosi dengan nilai thitung sebesar 2,860.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDEDY, ISWANTOnidn0818087901
Thesis advisorLALU HENDRA, MANIZAnidn0828108404
Uncontrolled Keywords: Personal Selling, Promosi dan Penjualan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: DHIAN PERMATA ABRORI
Date Deposited: 25 Sep 2020 06:02
Last Modified: 14 Jun 2021 03:30
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1471

Actions (login required)

View Item View Item