PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA BANGUN RUANG TRANSPARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG

WIWIT, RISKITA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA BANGUN RUANG TRANSPARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak:Masih Terlaksananya proses pembelajaran yang baik ditentukan oleh model pembelajaran yang mampu menarik minat belajar siswa. Model pembelajaran yang kurang menarik cenderung membuat siswa menjadi cepat bosan dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team games teournament terhadap hasil belajar siswa berbantuan media bangun ruang transparan. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan bentuk pretest and posttest only. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V, sedangkan sampel yang dipilih adalah kelompok kelasVA sebagai kelas eksperimen dan kelompok kelas VB sebagaikelaskontrol. Kedua sampel ini ditentukan menggunakan teknik probability sampling. Data mengenai kemampuan perbedaan hasil belajar diambil dengan menggunakan instrument pretest-postest dalam bentuk soal pilihan ganda. Sebelum menganalisis lebih lanjut hasil pretest-postest, kedua kelas terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwat_hitung= 2,553>t_tabel = 1,71088 yang berarti Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan antara hasil belajar materi volume bangun ruang pada kelas eksperimen maupun control atau dengan kata lain terdapatpengaruh model pembelajaranteam games tournament berbantuan media bangun ruang transparan terhadap hasil belajar siswa materi volume bangun ruang. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran team games tournament berbantuan media bangun ruang transparan mungkinkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik serta mampu menghilangkan rasa bosan siswa sehingga siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik Kata Kunci:Team Games Teournament, Media bangun ruang trasnparan, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerABDILLAH, ABDILLAHNIDN0824048301
ReviewerYUNI, MARIYATINIDN0806068802
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Team Games Teournament, Media bangun ruang trasnparan, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:06
Last Modified: 05 Oct 2020 04:06
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1439

Actions (login required)

View Item View Item