IKLAN DAN KOMODIFIKASI AGAMA (ANALISIS ISI PADA IKLAN TELKOMSEL IBADAH UMRAH VERSI USTAD NUR MAULANA )

QUDSIAH, HAQ (2020) IKLAN DAN KOMODIFIKASI AGAMA (ANALISIS ISI PADA IKLAN TELKOMSEL IBADAH UMRAH VERSI USTAD NUR MAULANA ). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
embel2 uci.pdf

Download (373kB)
[img] Text
bab1 uci.pdf

Download (457kB)
[img] Text
bab4 uci.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
bab5 uci.pdf

Download (181kB)

Abstract

Iklan dan Komodifikasi Agama (Analisis Isi pada Iklan Telkomsel Ibadah Umrah versi Ustad Nur Maulana) Penelitian ini membahas narasi dan konteks komodifikasi agama dalam iklan Telkomsel Ibadah Umrah versi Ustad Nur Maulana. Komodifikasi agama merupakan transformasi nilai guna agama menjadi nilai tukar, dengan menggunakan fungsifungsi ini disesuaikan dengan kebutuhan manusia atas agama. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis iklan televisi Telkomsel Ibadah Umroh versi Ustad Nur Maulana. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Ustad yang menjadi brand dalam iklan Telkomsel dengan para jamaah haji menggunakan bahasa atau isi pesan nilai agama dalam periklanan, dan nilai agama pada iklan ini menjadikan komoditas, sehingga terjadi pengalihan fungsi nilai agama menjadi nilai tukar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana narasi dan konteks komodifikasi agama dalam iklan Telkomsel Ibadah Umroh versi Ustad Maulana? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui narasi dan konteks komodifikasi agama dalam iklan Telkomsel Ibadah Umroh versi Ustad Nur Maulana. Penelitian ini menggunakan studi analisi isi Harold D. Lasswell. Metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan analisi isi deskriptif merupakan pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode symbol coding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa komodifikasi agama yang masuk dalam narasi iklan Telkomsel Ibadah Umrah versi Ustad Nur Maulana dilihat melalui modifikasi pesan-pesan agama dan melalui simbol-simbol keagamaan yang banyak mendapatkan perhatian, seperti sosok ustad, pakaian ihrom, warna pakaian dan latar tempat Kata Kunci: Komodifikasi, Nilai Agama, Iklan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerSUWANDI, SUWANDINIDN8140670001
ReviewerISHANAN, ISHANANNIDN0811129101
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, Nilai Agama, Iklan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial
300 Ilmu Sosial > 384 Penyiaran Radio
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 24 Sep 2020 03:24
Last Modified: 24 Sep 2020 03:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item View Item