INOVASI PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (STUDI KASUS KARTU IDENTITAS ANAK PADA DUKCAPIL KOTA MATARAM)

ANISA, FATMAWATI (2020) INOVASI PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (STUDI KASUS KARTU IDENTITAS ANAK PADA DUKCAPIL KOTA MATARAM). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V LAMPIRAN.pdf

Download (730kB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan suatu tolok ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata. Masyarakat dapat menilai langsung kinerja pemerintah berdasarkan pelayanan yang diterimanya.. Dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 disebutkan bahwa pelayanan prima adalah pelayanan yang cepat, mudah, pasti, murah, dan akuntabel. Peraturan menteri dalam negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang kartu identitas anak pasal 1 ayat (7) yang berbunyi : Kartu Identitas Anak yang selanjutnyaa disingkat menjadi KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota bahwa pada saat ini anak berusia dari 17 tahun dan belum menikah tidak memiliki identitas penduduk yang berlaku secara nasional dan terintegritasi dengan sistem informasi dan administrasi kependudukan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi pelayanan publik di DUKCAPIL Kota Mataram pada kasus Pelayanan Kartu Identitas Anak. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini yaituTeori Inovasi diungkapkan oleh Muluk. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada pelayan KIA diDUKCAPIL Kota Mataram melakukan berbagai inovasi dalam segi pelayanan publik. Banyak terobasan dalam berbentuk kegiatan yang bertujuan agar masyarakat sadar akan penting nya KIA bagi anak-anak mereka. Kegiatan terobosan yang dilakukan berupa : (1) Melakukaan kerjasama dengan pelaku-pelaku usaha yang ada dikota mataram, (2) Melakukan pelayan keliling (Goes To Lingkungan), (3) Membuatkan anak yang baru lahir KIA besamaan dengan pembuatan KK baru dan Akta kelahiran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorAYATULLAH, HADInidn0816057902
Uncontrolled Keywords: Kartu Identitas Anak (KIA)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 21 Sep 2020 06:07
Last Modified: 23 Jun 2021 03:49
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item View Item