PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA UNTUK SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

LILIK, SUPIATNI (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA UNTUK SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan modul matematika berbasis pendekatan realistic mathematics education (RME)yang valid dan praktis serta mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V setelah menggunakan modul matematika berbasis pendekatan realistic mathematics education (RME). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yaitu tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba awal, tahap revisi produk, tahap uji coba pemakaian dan tahap revisi produk. Pengambilan sampel dilakukan di SDN 1 Buwun Sejati. Hasil validasi adalah penilaian ahli materi memberikan skor 83,3% dikategorikan valid, kemudian ahli media memberikan skor 69,2% dikategorikan valid, dan ahli bahasa memberikan skor 75% dikategorikan valid. Pada uji coba terbatas diperoleh rata-rata 84% dikategorikan sangat praktis. Kemudian pada tahap uji coba pemakaian diperoleh nilai rata-rata kepraktisan 86% dengan kategori sangat praktis serta untuk nilai efektivitas siswa diperoleh rata-rata 93,2% dikategorikan sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul matematika berbasis pendekatan realistic mathematics education (RME) untuk siswa SD dikategorikan layak dan menarik digunakan dalam pembelajaran tingkat SD sederajat pada materi pengumpulan dan penyajian data. Kata kunci : Modul, Realistic Mathematics Education (RME).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerABDILLAH, ABDILLAHNIDN0824048301
Thesis advisorYUNI, MARIYATINIDN0806068802
Uncontrolled Keywords: Modul, Realistic Mathematics Education (RME).
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:52
Last Modified: 21 Sep 2020 03:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item