PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TEMA 7 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 3 PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 20 AMPENAN

FANDRIANSYAH, FANDRIANSYAH (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TEMA 7 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 3 PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 20 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif tema “indahnya keragaman di negriku” penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, jenis penelitian Quasi exsperiment.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 20 Ampenan, teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah sampling jenuh dengan sampel 8 peserta didik kelas eksperimen dan 8 peserta didik kelas control dengan jumlah 16 peserta didik di SDN 20 Ampenan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar kognitif berupa soal piliha ganda (pre-testdan post-tests) dan dokumentasi. uji instrument menggunakan uji validitas , reabilitas dan penguji hipotesisis penelitian menggunakan perhitungan Uji Independen Sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukan nilai t_hitung 4.646 >t_tabel 1,761 pada signifikansikan 5% dengan df = 14, maka Ho ditolak dan Ha diterima.dengan di bandingkan rata-rata nilai prestest pada kelas eksperimen 47,5 dan kelas kontrol 47,5 sedangkan pada tes posttest dikelas eksperimen 80 dan kelas kontrol 53,75. Maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negriku Pada Peserta Didik Kelas IV Di SDN 20 Ampenan. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL). Hasilbelajar kogniti

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerISLAHUDIN, ISLAHUDIN0810108301
ReviewerUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL). Hasilbelajar kogniti
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 18 Sep 2020 03:22
Last Modified: 18 Sep 2020 03:22
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item